Diantar Kiai Asep dan Keluarga, Para Syaikh Al Azhar Pulang ke Mesir Lewat Ruang Singgah Presiden

Diantar Kiai Asep dan Keluarga, Para Syaikh Al Azhar Pulang ke Mesir Lewat Ruang Singgah Presiden Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, bersama Dr KH Mauhiburrahman dan Ning Ima foto bersama Syaikh Prof. Dr. dr Yusri Rosdi Sayyid Jabr al Hasani dan istrinya, Dr Mona Yusri Rosdi, di ruang tunggu VVIP Bandara Juanda Sidoarjo, Selasa (14/11/2022). Foto: MMA/bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kesibukan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan keluarganya ternyata belum berakhir, meski acara resepsi pernikahan putranya, Gus Azmi dan Riri, serta konferensi internasional yang digelar di Institut Pesantren KH Adul Chalim usai. Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu masih harus melayani para syaikh terkemuka di Mesir itu satu persatu yang kini pulang ke negaranya masing-masing.

“Kita ke VVIP Bandara Juanda,” ajak Kiai Asep Saifuddin Chalim kepada BANGSAONLINE.com. CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com, M Mas’ud Adnan, langsung meluncur ke Bandara Internasional Juanda yang terletak di kawasan Sidoarjo itu.

Para syaikh yang sangat populer dan berpengaruh itu transit atau singgah di ruang Hayam Wuruk VVIP Bandara Internasional Juanda.

(Akhmad Jazuli, Staf Ahli Gubernur Jawa Timur (tengah, pakai baju batik) saat mendampingi para syaikh Univesitas Al Azhar Mesir di ruang VVIP Bandara Internasional Juanda, Senin (14/11/2022). Foto: mma/bangsaonline.com)

Pantauan BANGSAONLINE.com, di ruang VVIP Bandara Juanda itu terdapat tiga ruang singgah. Yaitu ruang Hayam Wuruk, Gajah Mada 1 dan Gajah Mada 2. Selebihnya musholla dan ruang tunggu yang sangat luas, disamping toilet. Di seberang gedung VVIP itu ada gedung lagi, tapi tak menjadi tempat singgah penting.

Ruang Hayam Wuruk merupakan ruang transit utama. Para tamu istimewa, terutama Presiden dan Wakil Presiden, biasanya singgah di Ruang Hayam Wuruk. Sementara ruang Gajah Mada biasanya untuk para menteri, pimpinan parpol dan lainnya.

(Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan Akhmad Jazuli (staf ahli gubernur Jawa Timur) saat mendampingi Syaikh Prof. Dr. dr Yusri Rosdi Sayyid Jabr al Hasani dan istrinya, Dr Mona Yusri Rosdi, di ruang tunggu VVIP Bandara Juanda Sidoarjo, Selasa (14/11/2022). Foto: MMA/bangsaonline.com.)

Bahkan di ruang Hayam Wuruk ada kamar istimewa dan khusus yang tak boleh ditempati pejabat tinggi manapun, termasuk para menteri, kecuali presiden dan wakil presiden serta gubernur Jawa Timur.

“Kamar ini hanya untuk presiden, wakil presiden, dan gubernur Jawa Timur,” tutur H Akhmad Jazuli, Staf Ahli Gubernur Jawa Timur kepada BANGSAONLINE.com saat mendampingi para syaikh Al-Azhar itu. Kamar itu berada di sebelah selatan di ruangan Hayam Wuruk itu.

Menurut dia, kamar tersebut memang khusus. Tapi untuk ruang Hayam Wuruk bisa ditempati tamu terhormat lainnya, tak hanya presiden dan wakil presiden.

"Ini miiik Pemprov," jelas Akhmad Jazuli menjelaskan status kepemilikan ruangan tersebut.

Akhmad Jazuli yang mantan Sekda Kabupaten Jombang itu mengawal kepulangan para syaikh Al Azhar ditugasi Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':