Mengenal Fitur Penting yang Harus Ada dalam Software HRIS

Mengenal Fitur Penting yang Harus Ada dalam Software HRIS Ilustrasi

BANGSAONLINE.com - Divisi human resources atau HR memiliki peran penting dalam mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Pengelolaan ini memiliki aspek yang cukup beragam. Mulai dari pengelolaan kehadiran karyawan, penilaian kinerja, rekrutmen, hingga penggajian karyawan.

Luasnya cakupan pengelolaan SDM di perusahaan menambahkan tantangan tersendiri bagi HR. Itulah sebabnya, untuk mengatasi tantangan tersebut, divisi HR menggunakan software .

Apa itu software , penggunaannya di perusahaan, dan fitur-fitur wajib yang harus ada dalam software? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Software ?

Software adalah teknologi perangkat lunak yang digunakan oleh HR untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Software ini merupakan integrasi dari sistem-sistem SDM seperti rekrutmen, absensi, penilaian kinerja, , dan lain-lain.

Penggunaan software merupakan hal yang penting. Ini karena kebutuhan pengelolaan tenaga kerja di perusahaan semakin meningkat. Belum lagi jika perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak untuk mendukung kegiatan operasional.

Fitur Wajib dalam Software

Dalam memilih software , perusahaan perlu melakukan pertimbangan yang ketat. Salah satu bahan pertimbangan adalah kelengkapan fitur dalam software tersebut.

Software yang baik setidaknya harus memiliki beberapa fitur di bawah ini:

1. Absensi Karyawan

Absensi karyawan perlu dicatat oleh perusahaan untuk menilai kinerja dan menentukan penggajian. Pengelolaan absensi ini dilakukan oleh HR melalui software .

Fitur yang perlu ada dalam software terkait adalah absensi dan pengajuan cuti mandiri oleh karyawan, pemantauan absensi oleh HR, persetujuan cuti oleh HR, hingga pengelolaan shift dan jadwal kerja.

2. Recruitment

Rekrutmen karyawan baru merupakan tugas paling umum dari HR, apalagi di mata masyarakat awam. Itulah mengapa, fitur rekrutmen tak boleh luput dari software .

Fitur recruitment memiliki manfaat untuk mengelola proses rekrutmen. Mulai dari screening CV, interview, hingga onboarding. Selain itu, fitur rekrutmen juga biasa digunakan untuk menyimpan data karyawan meliputi CV, cover letter , dan portofolio.

Baca Juga: Contoh CV yang Menarik

3. Payroll

Payroll atau penggajian karyawan biasanya dilakukan oleh HR . Tugas mereka adalah mengelola gaji, tunjangan, pajak penghasilan, hingga BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan karyawan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO