6 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Hipertensi

6 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Hipertensi Buah Bit merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menurunkan hipertensi. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sudah menjadi hal yang umum bahwa kesehatan adalah aset pribadi yang tak bisa digantikan dengan apapun. Namun, kesadaran dalam menjaga kesehatan belum bisa dipraktekan bagi semua orang. Menjaga gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang dapat dijalankan untuk mencegah berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh, salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat terjadi ketika tekanan darah berada pada 130/80 mmHg atau lebih. Pada awal kondisi terkena hipertensi, biasanya penderita tidak akan merasakan tanda apapun.

Gejala akan timbul setelah tekanan darah tinggi sudah meningkat tajam. Apabila hipertensi yang tidak segera dicegah dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, hingga mengalami risiko kematian. Beberapa faktor turut andil seseorang terkena kondisi ini.

Memenuhi kebutuhan kalium dan dan menurunkan obesitas menjadi cara tepat untuk menurunkan darah tinggi. Nah, selain itu, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat mendukung kamu menurunkan risiko darah tinggi.

Makanan yang Bisa Membantu Turunkan Darah Tinggi

Tidak hanya Memenuhi kebutuhan kalium dan dan menurunkan obesitas. Menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi nyatanya bisa kamu lakukan dengan melakukan pola makan sehat secara teratur. Nah, berikut ini beberapa pilihan jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan darah tinggi.

1. Buah Bit

Buah bit merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu famili dengan lobak dan sayuran berakar lainnya.

Biasanya buah yang satu ini dimanfaatkan pada bagian akarnya karena memiliki rasa manis dan unik, oleh karena itu terkadang disebut beetroot. Beetroot menjadi terkenal karena memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Buah bit juga bisa menurunkan tekanan darah. Kandungan nitric oxide yang terdapat dalam buah bit dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

2. Buah Beri

Makanan selanjutnya yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah buah beri. Jenis makanan blueberry banyak mengandung senyawa alami yang disebut flavonoid yang dapat menolong untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Stroberi, blueberry, dan raspberry, mudah ditambahkan ke dalam menu harian sehat.

3. Mentimun

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat mengomsumsi sedikit kalium dan berlebihnya asupan garam (natrium) dalam makanan harian. Terkadang, kita harus lebih waspada terhadap kadar garam yang terlalu banyak karena bisa mengikat banyak air. Kondisi inilah yang bisa memicu kapasitas darah meningkat.

Simak berita selengkapnya ...