7 Pilihan Makanan Terbaik yang Mengandung Kalsium, Jaga Kesehatan Tulang

7 Pilihan Makanan Terbaik yang Mengandung Kalsium, Jaga Kesehatan Tulang Keju parmesan memiliki kandungan kalsium tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. (foto: Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mengonsumsi makanan yang memiliki kalsium tinggi bermanfaat untuk menjaga kesehatan, terutama tulang sehingga akan menekan risiko terkena osteoporosis. Kalsium juga berguna memperkuat gigi, melancarkan aliran darah, melindungi kesehatan jantung, saraf, dan otot.

Ketahui apa saja makanan yang banyak akan , agar kebutuhan kalsium harian Anda dapat tercukupi.

BACA JUGA:

Namun, selain mengonsumsi keju, masih ada banyak jenis pilihan makanan yang mengandung kalsium. Makanan apa saja itu? Mari kita simak daftar berikut ini.

Fungsi Kalsium bagi Kesehatan Tubuh

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh guna menunjang pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi.

Sejumlah 99% kalsium di tubuh yang terkandung dalam tulang berfungsi melindungi kekuatan sekaligus kepadatan tulang.

Sementara, 1% sisanya difungsikan untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh agar berfungsi dengan normal.

Kalsium juga memiliki posisi dalam menentukan penggumpalan darah tidak terjadi dan membantu mengeluarkan enzim serta hormon ke aliran darah.

Daftar Makanan Terbaik yang Mengandung Kalsium Tinggi

Setelah mengenal beberapa bagi kesehatan tubuh, kini Anda perlu mengetahui asupan makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Adapun beberapa jenis makanan terbaik yang menyimpan kalsium dan dapat dijadikan makanan sehari-hari adalah sebagai berikut.

1. Buah Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C dan kalsium tinggi.

Dibalik rasanya yang masam, manis, dan segar, buah yang satu ini mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh di mana per 150 gram penyajiannya terdapat mineral kalsium sebesar 60 mg.

Anda dapat merasakan manfaat yang terkandung dari buah jeruk dengan langsung memakannya atau membuatnya menjadi jus.

2. Makanan Laut

Sumber kalsium tinggi juga dapat dihasilkan dari makanan laut, seperti sarden dan salmon. Selain itu, jenis ikan-ikan tersebut juga mempunyai kandungan protein dan asam lemak omega-3.

Kandungan 95 gram kalsium terdapat dalam satu kaleng sarden, hampir sebanding asupan kalsium harian dengan jumlah 27% yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan, 85 gram kalsium terkandung dalam ikan salmon atau sebanding dengan 19% asupan kalsium harian yang diperlukan tubuh.

3. Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang telah dikonsumsi oleh orang-orang di seluruh dunia selama ribuan tahun. Jenis susu yang paling banyak disajikan berasal dari sapi, kambing, dan domba.

Sapi dan kambing adalah hewan penghasil susu yang mempunyai manfaat sebagai sumber makanan yang kaya kalsium. Mineral yang satu ini juga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Simak berita selengkapnya ...