Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi, BPBD Jombang Gelar Rapat Konsolidasi Relawan

Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi, BPBD Jombang Gelar Rapat Konsolidasi Relawan Suasana rapat konsolidasi relawan penanggulangan bencana di Ruang Soeroadiningrat, Gedung Pemkab Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - BPBD menggelar rapat konsolidasi relawan penanggulangan bencana. Agenda tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi potensi bencana Hidrometeorologi tahun ini di Ruang Soeroadiningrat, Gedung Pemkab , Rabu (30/11/2022).

Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati , Sumrambah, dengan didampingi Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Purwanto, dan Kalaksa BPBD , Bambang Dwijo Pranowo.

Dalam acara tersebut, juga dihadiri puluhan relawan di antaranya dari BPBD Jatim, Semar, Banser, RAPI, PMI, ISJ, Santri Jogokali dan sebagainya. Sumrambah mengatakan bahwa pertemuan ini dalam rangka proses kesiapan untuk menghadapi kemungkinan terjadi bencana, karena pada Desember-Januari, memprediksi curah hujan sangat tinggi.

"Kita bertemu dengan seluruh relawan agar bisa melaksanakan evaluasi persiapan jangan sampai ada bencana di Kabupaten ," ucapnya.

Ia menjelaskan, upaya pemerintah saat ini membenahi daerah-daerah yang mempunyai sumber bencana seperti banjir dengan cara normalisasi sungai. Masyarakat pun diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama ke sungai.

"Kita sudah melakukan normalisasi sungai di daerah yang rawan banjir, meski belum sepenuhnya namun perkiraan sudah hampir 90 persen terlaksana," tuturnya.

"Kita tahu pada tahun-tahun sebelumnya banjir disebabkan karena banyaknya sampah yang menghambat aliran sungai," imbuhnya.

Sementara, Kalaksa BPBD , Bambang Dwijo Pranowo, menyebut pihaknya sudah melakukan antisipasi sarana dan prasarana dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana.

"Dalam perubahan iklim ini SDM kita sudah siap semua. Untuk para relawan sendiri saya berterima kasih dan tetap solid," kata Bambang. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO