Mengelola Web Hosting? cPanel Adalah Tool yang Tepat untuk Anda!

Mengelola Web Hosting? cPanel Adalah Tool yang Tepat untuk Anda!

BANGSAONLINE.com - Mengelola web hosting bisa dibilang bukanlah perkara yang mudah. Bahkan, web developer juga merasakannya. Namun, ada tool yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola web hosting dengan lebih mudah, yaitu dengan menggunakan cPanel.

Kebanyakan dari anda pasti lebih tertarik dengan penggunaan domain dan hosting mandiri. Namun, kadang kala untuk menggunakan cPanel juga masih bingung setelah membeli hosting sendiri. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu cPanel.

Apa Itu cPanel?

cPanel adalah dashboard tool yang bisa membantu para penggunanya dalam mengelola dan dengan lebih mudah. cPanel merupakan alat yang dapat memungkinkan Anda dalam mempublikasikan , mengelola domain dan hosting, mengelola file pada , membuat akun email dan masih banyak lagi.

Secara sederhananya, cPanel dapat membantu Anda dalam mengelola layanan hosting web dengan lebih mudah melalui berbagai panel kontrol yang sederhana serta mudah dipahami.

Platform cPanel saat ini sangat populer digunakan di semua kalangan, sehingga tak heran banyak orang yang menggunakan cPanel untuk menjalankan situs nya.

Para penyedia hosting pun saat ini telah menyertakan cPanel sebagai bagian dari paket hosting untuk para pelanggan mereka.

Popularitas cPanel yang terus meroket tentunya menjadikan Anda yang tengah menggeluti bidang development, perlu belajar lebih dalam mengenai platform yang satu ini. Sehingga pengetahuan Anda lebih bertambah.

Dikutip dari situs Themeisle, disebutkan bahwa cpanel dapat melakukan beberapa hal yaitu:

- Melakukan backup file situs

- Membuat dan mengelola email dengan lebih mudah

- Menginstall beberapa software misalnya Wordpress

- Membuat serta mengelola domain dan subdomain

- Mencari database dengan lebih mudah

- Menetapkan password

- Mengamankan situs

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh cPanel, yaitu mudah untuk dipelajari dan digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Selain itu, bisa menghemat waktu dan uang, telah melalui berbagai uji coba, menyediakan software instalasi otomatis, serta terdapat banyak tutorial yang sudah tersebar secara online.

Selain itu, cPanel juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui, yaitu terlalu banyak fitur yang tersedia bisa memperlambat kinerja dari cPanel. Pengaturan yang penting bisa berubah otomatis, beberapa dapat menjalankan software yang tidak bisa di- upgrade, serta memiliki harga yang mahal sehingga jarang tersedia pada hosting gratis.

Apakah cPanel Gratis Digunakan?

Pertanyaan satu ini paling sering ditanyakan dalam suatu pembahasan mengenai cPanel. Menurut Wpbeginner, disebutkan bahwa cPanel tidak dapat digunakan secara gratis.

Sebab, cPanel merupakan aplikasi pihak ketiga. Biasanya, para penyedia layanan hosting mengikut sertakan cPanel ke dalam paket hosting tanpa adanya biaya tambahan.

Namun, terdapat kabar sejak tahun 2019 lalu, cPanel telah menaikkan harganya. Hal ini menjadikan para penyedia layanan hosting mulai memikirkan ulang untuk menggunakan cPanel dengan beralih ke alternatif panel kontrol yang lainnya.

4 Peran Penting cPanel pada Web Hosting

Mengelola hosting web dengan mudah

Situs web dan cukup sulit dikelola, sehingga tanpa bantuan  cPanel hosting, hanya orang yang mengerti secara teknis saja yang bisa mengelola web dan .

Dengan bantuan cPanel, Anda jadi bisa memanajemen dan web hosting. Sebab, platform cPanel sangat mudah digunakan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk Anda jika masih pemula.

Mengelola file dengan lebih mudah

Selain memudahkan Anda dalam mengelola , cPanel juga bisa membantu Anda dalam pengelolaan file . Anda bisa melakukan kontrol terhadap file, baik itu memodifikasi, menghapus, serta menyalin semua file pada yang disertakan di dalam hosting.

Dengan demikian, Anda bisa mengecilkan halaman web lama Anda ketika membukanya sebab file yang terlalu besar, terutama pada file gambar.

Memudahkan Anda menambah aplikasi penting

Dengan menggunakan cPanel, Ada juga bisa menambahkan aplikasi penting pada . Tujuan menambahkan lebih banyak aplikasi ini tentunya agar situs terlihat lebih baik dan menarik.

Dengan cPanel, Anda bisa menginstal aplikasi tersebut langsung melalui panel kontrol ini tanpa membutuhkan perantara yang rumit.

Memberi jaminan keamanan

Keunggulan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah cPanel bisa memberikan jaminan keamanan, terutama dari serangan hacker. Sebab, cPanel telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat. Sehingga dapat terhindar dari serangan hacker yang bisa menyebabkan kebobolan data atau kerusakan lainnya.

Fitur-Fitur yang Ada di cPanel

File manager

Fitur pertama adalah file manager yang memiliki fungsi untuk mengatur file Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengupload, menghapus, membuat, serta mengedit file tanpa membutuhkan FTP atau aplikasi pihak ketiga.

Disk Usage

Simak berita selengkapnya ...