7 Wisata Budaya Gresik yang Mungkin Kalian Belum Tahu

7 Wisata Budaya Gresik yang Mungkin Kalian Belum Tahu Kirab Budaya HUT Gresik merupakan salah satu wisata budaya di Kota Pudak. (foto: disparekrafbudpora.gresikkab.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gresik merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu daerah Industri di Jawa Timur ini berada di kawasan utara laut jawa yang terkenal memiliki wisata alam yang mempesona.

Selain itu, tempat wisata budaya yang ada di Kota Pudak ini juga tidak kalah menariknya. Upaya untuk menarik minat pengunjung baik lokal maupun luar daerah terus dilakukan pemerintah kabupaten setempat, dengan meningkatkan potensi wisata yang ada di Gresik.

Dilansir dari laman disparekrafbudpora.gresikkab.go.id, ada sejumlah destinasi wisata budaya yang ada di Kabupaten Gresik. Berikut 7 wisata budaya Gresik yang mungkin kalian belum tahu.

1.

Aktivitas yang menjadi wisata budaya di Gresik bertujuan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. diselenggarakan pada dua malam terakhir sebelum malam takbiran atau pada malam 27 hingga 29 di bulan Ramadhan. Acara ini diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan dalam menunaikan ibadah puasa, sekaligus menunjukkan kelihaian warga Gresik dalam bidang pertambakan ikan bandeng. 

Pada saat itu, semua penduduk akan tumpah ruah menikmati ajang . Berbagai ukuran Bandeng mulai sedang, hingga besar atau kawak akan dilelang pada tradisi ini. Satu ekor Bandeng kawak bobotnya bisa mencapai 10 kg lebih. Konon, budaya sudah dikenal sejak zaman Sunan Giri yang bermaksud meningkatkan potensi ekonomi masyarakat Gresik kala itu. Selain diikuti oleh para petani ikan bandeng dari wilayah Gresik, namun kegiatan yang dilakukan setahun sekali ini juga diminati petambak dari Lamongan, Tuban, hingga Sidoarjo.

2.

Perayaan Kirab Budaya dalam rangka Peringatan HUT Pemerintah Kabupaten Gresik dan Hari Jadi Gresik merupakan kegiatan tahunan yang bertema “Street Dance Carnival”. Arak-arakan yang ditampilkan dengan berbagai tradisi khas Gresik dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik. berlangsung setiap tanggal 9 Maret yang juga merupakan napak tilas penobatan Sunan Giri menjadi penguasa Giri bergelar Prabu Satmata. Kirab budaya ini dimulai dari Situs Giri Kedaton dan berakhir di Alun-alun Gresik.

3.

Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu dan tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi suatu daerah. Di Kota Pudak, ada perayaan festival makanan khas Gresik yang bertajuk “Festival Badhogan dan ”, dimana pada gelaran tersebut disajikan berbagai sajian kuliner tradisional dan unik yang hanya bisa didapatkan di kota Gresik.

Biasanya festival ini diselenggarakan sekitar bulan Maret hingga Mei setiap tahunnya. Festival makanan khas Gresik ini juga berguna untuk melestarikan budaya Gresik agar tidak punah dan tergerus arus globalisasi. Selain itu acara ini bertujuan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat melalui bidang kuliner.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO