Usulkan 3 Rancangan Penataan Dapil, KPU Jatim Adakan Uji Publik

Usulkan 3 Rancangan Penataan Dapil, KPU Jatim Adakan Uji Publik Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, saat memberikan sambutan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - mengadakan uji publik rancangan daerah pemilihan (Dapil) untuk anggota DPRD provinsi setempat, Kamis (19/1/2023). Hal tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 80/PUU-XX/2022 tentang Pengujian Pasal 187 dan 189 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

Kegiatan ini melibatkan 18 partai politik (parpol) peserta tingkat provinsi, Divisi Teknis Penyelenggaraan dari 38 KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur, serta 33 instansi/lembaga terkait.

Mereka di antaranya Bawaslu, Kepolisian Daerah, Pangdam V Brawijaya, Kejaksaan Tinggi, Biro Pemerintahan dan Otoda, dinas-dinas terkait, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, perwakilan mahasiswa, pemantau Pemilu tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Kegiatan tersebut sangat istimewa karena bisa menghadirkan seluruh stakeholder, khususnya 18 parpol peserta . Pada pelaksanaan uji publik kali ini, kita akan membahas persiapan rancangan usulan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur,” kata Ketua , Choirul Anam.

Menurut dia, Jawa Timur telah melaksanakan penataan Dapil dan alokasi kursi untuk kabupaten/kota. Hasilnya pun sudah disampaikan ke KPU pada 23 Desember 2022, karena keputusan final ada di sana.

“Kemudian, adanya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 80/PUU-XX/2022 tentang Pengujian Pasal 187 dan 189 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, mengandung konsekuensi proses penataan Dapil DPR dan DPRD Provinsi yang awalnya sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, menjadi dikembalikan pada KPU,” paparnya.

Oleh karena itu, Anam mengatakan bahwa pada uji publik ini akan disampaikan tiga rancangan usulan penataan Dapil anggota DPRD provinsi agar mendapatkan tanggapan serta masukan dari narasumber dan peserta uji publik.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO