Menkes Minta Tenaga Kesehatan di Papua Pegunungan dan Papua Tengah Dapat Perlindungan

Menkes Minta Tenaga Kesehatan di Papua Pegunungan dan Papua Tengah Dapat Perlindungan Menkes Minta Tenaga Kesehatan di Papua Pegunungan dan Papua Tengah Dapat Perlindungan. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan (Menkes) meminta tenaga kesehatan di daerah sulit seperti Papua Pegunungan dan Papua Tengah mendapatkan perlindungan.

Hal ini menyusul adanya kasus kematian dokter spesialis paru berinisial MS disebuah perumahan dokter, Kelurahan Siriwini, Nabire, Papua Tengah.

"Ini memberikan inspirasi, motivasi bagi kita, jajaran pemerintah agar bisa menjamin keamanan dokter-dokter yang bekerja di daerah-daerah yang sulit, khususnya provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah", ujar Budi pada Selasa (14/3/2023).

Budi mengatakan bahwa ia sudah berbicara dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait rencana untuk melindungi tersebut. Ia juga akan berbicara dengan Panglima TNI Jenderal Yudo Margono.

"Mungkin nanti saya akan ada ke Bapak Panglima (TNI), untuk bicara bagaimana tenaga kesehatan kita melayani masyarakat Papua. (Bentuknya) sedang saya bicarakan, karena itu kan di luar kemampuan saya", tutur Budi.

Perlindungan yang akan dilakukan ini bertujuan agar tidak ada dokter ataupun tenaga medis yang takut bekerja di daerah terpencil. Dengan begitu, masyarakat di daerah tersebut juga mendapat akses kesehatan yang sama.

"Jangan sampai gara-gara ini kemudian layanan kesehatannya tidak sampai ke mereka. Itu yang saya bicarakan bagaimana negara bisa hadir melindungi dokter-dokter yang bekerja di daerah-daerah yang sulit seperti ini", jelas Budi.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO