BI Kediri Mulai Layani Penukaran Uang Baru

BI Kediri Mulai Layani Penukaran Uang Baru Kepala Perwakilan BI Kediri Moch. Choirur Rofiq saat menyerahkan penukaran uang baru kepada salah satu warga. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (BI) mulai melayani penukaran . Hal itu ditandai dengan Kick Off Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) bersama perbankan dengan tema "Belanja Bijak" di GOR Jayabaya, Kota , Sabtu (25/3/2023).

Acara tersebut digelar guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang rupiah dengan pecahan yang sesuai dan kualitas yang prima dalam menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1444H. Di hari pertama ini, terdapat 1.200 warga dan sekitarnya yang melakukan penukaran .

Acara dibuka Kepala Perwakilan BI , Moch. Choirur Rofiq, dan turut dihadiri seluruh pimpinan perbankan di yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo).

Sementara, layanan penukaran uang di GOR Joyoboyo, tersebut dilakukan bersama dengan 7 bank umum. Antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN), serta Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur (Bank Jatim) dan Bank Jatim Unit Usaha Syariah (UUS).

Choirur Rofiq menyampaikan, untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di wilayah eks-Keresidenan dan Madiun selama Ramadan dan Idulfitri 1444H, BI memproyeksikan adanya kenaikan kebutuhan mencapai Rp5,1 triliun atau 9% dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar Rp4,7 triliun.

"Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat," kata Choirur Rofiq, Sabtu (25/3/2023).

Sedangkan secara nasional, BI menyiapkan uang kartal sejumlah Rp195 triliun, naik 8,22% dari realisasi tahun 2022. Hal ini diikuti dengan pembukaan 5.066 titik layanan penukaran uang di seluruh Indonesia, bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, layanan penukaran uang di wilayah kerja BI selama Ramadan dilakukan di 70 titik kantor cabang perbankan di 3 kota dan 10 kabupaten eks-Karesidenan -Madiun.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO