Presiden dan para Menteri Dijadwal Hadiri Rakernas V Pergunu di Leuwimunding Majalengka

Presiden dan para Menteri Dijadwal Hadiri Rakernas V Pergunu di Leuwimunding Majalengka Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (pakai jas dan kopiah hitam), saat mengundang Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (tengah, baju putih berkacamata) di kantornya di Gedung Bina Graha Jalan Veteran 16 Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2023). Tampak Kiai Asep didampingi Habib Abu Bakar Asegaf (nomor dua dari kiri), M Mas'ud Adnan (baju putih paling kanan) dan H Wahyudin Husein (baju hitam, paling kiri). Foto: bangsaonline

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Leuwimung, desa kecil di Majalengka, Jawa Barat, tampaknya bakal menjadi perhatian publik nasional. Karena sejumlah pejabat tinggi negara bakal datang ke desa kecil berpenduduk sektiar 6.000 orang itu, Sabtu dan Ahad, 17-18 Juni 2023. Apalagi di Desa Leuwimunding itu pula jasad KH Abdul Chalim, pendiri NU dan pejuang kemerdekaan RI, berbaring. 

Para pejabat tinggi negara itu dijadwalkan hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang mengusung tema "Guru Mulia Pemersatu Bangsa, Membangun Peradaban Dunia". Pembukaan acara Rakernas Pergunu itu akan digelar di alun-alun Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat, tak jauh dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02, pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Bahkan bukan hanya para menteri yang diundang datang ke Rakernas ke-5 Pergunu. Tapi juga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Semoga Pak Presiden Jokowi berkenan hadir. Presiden Jokowi kita jadwalkan untuk membuka Rakernas Pergunu,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pergunu Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, kepada BANGSAONLINE, Kamis (8/6/2023).

Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu juga mengundang Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

“Tapi Pak Wapres, Kiai Ma’ruf Amin, berada Urbekiztan pada tanggal itu,” tutur Kiai Asep sembari mengatakan bahwa Kiai Asep telah menelepon Staf Khusus Wapres yang bernama Masduki Baidlowi.

Selain Presiden Jokowi, siapa saja pejabat tinggi negera yang diundang ke Rakernas Pergunu? Menurut Kiai Asep, antara lain, Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Pantauan BANGSAONLINE, Moeldoko menyatakan siap hadir kepada Kiai Asep yang mengatarkan undangan sendiri ke kantornya di Gedung Bina Graha Jalan Veteran 16 Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2023). 

Kiai Asep datang ke kantor KSP didampingi Habib Abu Bakar Asegaf dari Bangil, M. Mas’ud Adnan, penulis buku Kiai Miliarder Tapi Dermawan, dan H Wayudin Husein dari Gresik.

"Saya suka temanya," kata Moeldoko ketika membaca undangan yang disodorkan Kiai Asep. Rakernas V Pergunu itu memajang tema: "Guru Mulia Pemersatu Bangsa, Membangun Peradaban Dunia"

Selain Moeldoko, Kiai Asep juga mengundang Menko Polhukam Mahfud MD. Ia berharap tokoh NU itu hadir.

Menurut Kiai Asep, selain Menko Polhukam Mahfud MD, juga mengundang Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Pak Zulkifli insyaalah hadir,” kata Kiai Asep yang memang sering berkomunikasi dengan ketua umum PAN itu, baik langsung maupun via telepon.

Bahkan Mendag Zulkifli Hasan langsung menyatakan siap hadir. "Saya dari Maluku langsung ke Majalengka," kata Bang Zul, panggilan Zulkifli Hasan kepada Kiai Asep via telepon.

“Pak Yandri juga insyallah hadir,” kata Kiai Asep. Yandri Susanto adalah Wakil Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum PAN.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO