Bersama Bupati Dhito, Gubernur Khofifah Dorong Penguatan Produksi Lele

Bersama Bupati Dhito, Gubernur Khofifah Dorong Penguatan Produksi Lele Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat ikut panen lele di Republik Lele. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri tercatat menjadi salah satu produsen lele terbesar di Jawa Timur dengan jumlah produksi per tahun di atas 16 ribu ton. Tingginya nilai produksi ini mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam penguatan produksi lele.

Mengetahui lebih dekat potensi di Kabupaten Kediri, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa didampingi Bupati Hanindhito Himawan Pramana mendatangi sentra , yakni "" di , Kecamatan Pare, Kamis (6/7/2023).

Gubernur mengatakan, potensi perikanan di Jawa Timur cukup tinggi dan khusus untuk budi daya saat ini masih didominasi ikan bandeng, disusul lele, dan udang. Diakui, pasar ikan lele saat ini sangat besar bahkan sampai ke luar Jawa.

sebagai sentra yang cukup besar di Kabupaten Kediri dinilai belum mampu mencukupi permintaan pasar di Surabaya. Untuk itu, menilai perlu penguatan lebih terhadap budi daya ikan berkumis ini.

"Kalau ini kemudian dikuatkan lagi, saya rasa (produksi lele ini) bisa melampaui produksi bandeng di Jawa Timur," katanya usai mengikuti kegiatan panen lele dan tebar benih lele mutiara bersama Bupati Kediri.

menyebut, lele jenis mutiara banyak dipilih para pembudi daya ikan di Kabupaten Kediri. Hal itu lantaran jenis ini dinilai lebih tahan terhadap penyakit sehingga minim risiko kematian. Selain itu jenis ini memiliki masa pemeliharaan yang singkat.

Untuk menguatkan produksi lele jenis mutiara tersebut, lanjut , dibutuhkan indukan yang banyak. Pihaknya mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Timur dapat mempersiapkan indukan lele jenis mutiara.

"Dinas DKP provinsi saya rasa nanti sinergi dengan dinas perikanan di Kabupaten Kediri bagaimana persiapan indukan lele jenis mutiara bisa dimaksimalkan," tuturnya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO