21 Km Saluran Irigasi di Kabupaten Pasuruan Sudah Dinormalisasi

21 Km Saluran Irigasi di Kabupaten Pasuruan Sudah Dinormalisasi Sungai di Kelurahan Dermo Kecamatan Bangil yang sudah dinormalisasi oleh dinas pengairan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengurasi risiko banjir serta memperlancar air irigasi pertanian, melakukan normalisasi sungai-sungai besar di beberapa kecamatan.

Sejumlah sungai yang dinormalisasi pada tahun 2023 ini antara lain di Kecamatan Gempol, Kecamatan Winongan, Kecamatan Beji, Kecamatan Rejoso, Kecamatan Bangil, dan Kecamatan Nguling.

Berdasarkan data dari Dinas Pengairan, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, total panjang sungai yang sudah dibersihkan dengan alat berat di 7 kecamatan tersebut adalah 21 km. Perinciannya, Gempol ada 4,5 km, Winongan sepanjang 1.2 km, Beji 2,7 km, Rejoso 4,2 km, Bangil 2,2 km, Rembang 1 km, dan terakhir Nguling 500 meter.

"Untuk pembersihan dengan alat berat ada 16 titik yang tersebar di 7 kecamatan. Jumlah keseluruhan yang sudah ditangani ada 21 km," jelas Plh Kadis Pangairan Cipta Karya dan Tata Ruang, Hanung Widya Sasangka.

Selain normalisasi dengan alat berat, normalisasi juga dilakukan dengan tenaga manual atau manusia dengan sasaran titik-titik yang sulit dijangkau dengan alat berat.

"Saat ini prosesnya masih berlangsung. Kami berharap dengan normalisasi tersebut beberapa kecamatan yang tiap tahun rawan banjir bisa terbebas dari dari musibah banjir," pungkasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO