Normalisasi Jaringan Irigasi Jembrung I untuk Dukung Irigasi Pertanian

Normalisasi Jaringan Irigasi Jembrung I untuk Dukung Irigasi Pertanian

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mendukung kelancaran air irigasi pertanian di Desa Karangrejo Kecamatan Gempol dan sekitarnya, Dinas Sumber Daya Air Pengairan, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan melakukan normalisasi jaringan irigasi (JI) menggunakan alat berat, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan tersebut juga bertujuan mengurangi risiko genangan banjir saat musim hujan tiba.

Kepala Desa Karangrejo Kecamatan Gempol mengaku bersyukur usulan yang disampaikan ke Dinas SDA Pengairan Cipta Karya dan Tata Ruang bisa terlaksana pada tahun ini.

"Kami berharap masyarakat ikut menjaga kebersihan saluran dengan cara tidak membuang sampah ke saluran irigasi," jelasnya.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Zaky, Kepala Dusun Legupit Desa Karangrejo. Ia mengungkapkan kegiatan normalisasi tersebut berupa pembersihan saluran dari sampah dan endapan lumpur, juga pelebaran saluran.

"Tujuannya adalah untuk memperlancar aliran irigasi pertanian dan antisipasi musim penghujan agar warga di di RT 06 bebas dari genangan banjir," jelasnya.

Adapun panjang saluran irigasi JI Jembrung 1 yang akan dinormalisasi lebih kurang 1,6 km, melintasi tiga dusun, yakni Legupit, Sangglut, dan Mlaten.

Selain normalisasi, juga dilakukan peninggian tanggul di kanan kiri saluran agar saat musim hujan tiba tidak terjadi genangan air yang masuk ke rumah penduduk.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari petugas dinas yang melakukan normalisasi, apakah kegiatan tersebut dilakukan di tiga dusun yang dilewati jarigan irigasi Jebrung 1 saja. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO