Percepat Pelayanan Dokumen Pernikahan, Pemkot Pasuruan Launching Doa Langit

Percepat Pelayanan Dokumen Pernikahan, Pemkot Pasuruan Launching Doa Langit Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, bersama wakilnya, Adi Wibowo, saat melaunching Doa Langit.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan masyarakat melalui inovasi terbaru. Wali Kota , Saifullah Yusuf, melaunching Doa Langit atau akronim dari Dokumen Kependudukan Langsung Terbit Setelah Pemberkatan Perkawinan, Rabu (18/10/2023).

Program tersebut digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota . Inovasi itu memberi kan kemudahan percepatan kepengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan setelah perkawinan khususnya bagi masyarakat non-muslim di Kota

Alhasil, pengantin tidak perlu direpotkan mengurus perubahan dokumen perubahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), karena perubahan dokumen tersebut tercatat saat pencatatan perkawinan.

Dokumen kependudukan yang diterbitkan pasca pernikahan terdiri dari KTP-el pihak mempelai pria, KTP-el pihak mempelai perempuan, KK sebagai pasangan baru, KK pihak keluarga pengantin pria, KK pihak pengantin perempuan.

Dalam sambutannya, pimpinan daerah yang akrab disapa itu mengapresiasi dan berterima kasih atas inovasi yang mempermudah masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukan pasca menikah.

“Terimakasih kepada Dispendukcapil yang terus berinovasi dalam peningkatan layanan-layanannya. Memang, kita perlu untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan publik terbaik yang menjadi program Pemerintah Kota ,” ujarnya.

Dikatakan, peningkatan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan publik terus diharapkan oleh masyarakat. Ia meminta untuk dapat memberikan pelayanan yang nyaman, adil, dan tidak diskrimantif.

“Program inovasi “Doa Langit” ini menjadi salah satu bentuk mewujudkan harmoni warganya, masyarakat akan merasa nyaman, aman dan damai jika kita mampu mewujudkan pelayanan yang baik. Pelayanan kita harus adil, tidak membeda-bedakan dan tidak diskriminatif. Hal ini yang membuat masyrakat dapat guyub rukun,“ paparnya.

menyatakan, salah satu yang melatarbelakangi inovasi Doa Langit berangkat dari permasalahan bahwa masih ada masyarakat yang tidak segera mendaftarkan data/identitas kependudukan sesuai statusnya yang baru usai menikah.

“Inovasi ini perlu lakukan sebab masih ada sebagian warga ini malas dan tidak mengurus data adiministrasi kependukukan, ada yang nikah sampai punya cucu tidak punya surat nikah,” katanya.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO