Dua Desa di Kabupaten Kediri Rebutan Sumber Air

Dua Desa di Kabupaten Kediri Rebutan Sumber Air Sumber Bedug yang jadi rebutan dua desa di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Foto: Muji Harjita/BANGSAONLINE.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dua desa bertetangga di Kabupaten Kediri, yaitu Desa Bedug dan Desa Rembang Kepuh, Kecamatan Ngadiluwih, rebutan pengelolaan sumber air yang terletak di perbatasan kedua desa tersebut.

Perseteruan dua desa tersebut sebenarnya sudah di mediasi pihak Kecamatan Ngadiluwih dan Pemkab Kediri. Namun sayang, mediasi itu belum menemukan titik temu.

BACA JUGA:

Bahkan masalahnya semakin rumit, setelah Pemdes Rembang Kepuh atas izin pihak terkait menjebol tembok sebelah selatan untuk akses masuk ke Sumber Bedug.

Kades Rembang Kepuh, Nur Aini, mengatakan, wilayah sumber air itu memang milik dua desa yaitu Desa Bedug dan Desa Rembang Kepuh.

Nur Aini mengaku, bahwa Pemdes Rembang Kepuh sudah dipertemukan dengan Pemdes Bedug di Kantor Pemkab Kediri dan sudah disepakati bahwa pengelolaan sumber air itu akan dilakukan oleh dua desa.

"Kami memang membongkar tembok sebelah selatan untuk akses jalan lebarnya hanya 1 meter. Itupun sudah seizin dan diketahui pihak terkait seperti Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas dan Pemkab Kediri," kata Nur Aini, Selasa (7/11/2023). Saat pembongkaran, menurut Nur Aini, juga disaksikan oleh aparat berwenang.

Sementara itu, berdasarkan keterangan warga yang mengerti sejarah Sumber Bedug, bahwa sumber tersebut terletak di perbatasan Desa Bedug dan Desa Rembang Kepuh, Kecamatan Ngadiluwih.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO