Dishub Kota Malang Lakukan Kajian Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas

Dishub Kota Malang Lakukan Kajian Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas yang digelar Dishub Kota Malang bersama forum lalu lintas.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) bersama forum lalu lintas dan angkutan jalan menggelar kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas di salah satu hotel di , Selasa (21/11/2023).

Skema pengembangan jaringan jalan yang dibahas dalam kajian tataran transportasi lokal kota meliputi pengembangan jangka pendek dengan arahan manajemen lalu lintas. Sedangkan jenis pengembangannya adalah perbaikan geometrik simpang dan ruas perbaikan kondisi jalan.

Adapun untuk pengembangan jangka menengah, arahnya adalah penataan jaringan jalan dan simpul pergerakan berupa pembangunan jaringan jalan dan prasarana transportasi.

Sementara pengembangan jangka panjangnya adalah transportasi massal berupa layanan angkutan pemadu moda dan angkutan massal.

Kadishub R. Widjaja Saleh Putra menyampaikan kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan forum lalu lintas sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, akhir bulan Oktober lalu pemerintah daerah melalui forum lalu lintas melakukan manajemen dan upaya rekayasa lalu lintas.

"Khususnya di Bok Glodok Jalan Gatot Subroto perlu adanya evaluasi bagaimana perkembangannya sampai dengan sekarang, apakah ada perlu pengaturan sebelumnya dan bagaimana kita perlu ada kesepakatan dari Forum Lalu Lintas ," ucap Widjaja.

Kedua terkait penataan area Jalan Basuki Rahmat yang sudah ada keputusan penetapan dari wali kota dan peraturan wali kota tentang manajemen dan rekayasa lalu lintas yang dinilai masih perlu ada penataan.

"Penataan khususnya adalah penataan parkir, yang kita pahami dan maklumi bahwa sajak berdirinya Jalan Basuki Rahmat tidak ada bahu jalan. Seluruhnya nol jalan, pertokoan langsung nol jalan," jelasnya.

Widjaja mengucapkan tidak adanya sempadan jalan untuk lahan parkir menjadi perhatian pihaknya. Sebab, perkembangan sebagai kawasan wisata cukup pesat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO