5 Fungsi Trekking Pole yang Jarang Orang Ketahui

5 Fungsi Trekking Pole yang Jarang Orang Ketahui Trekking pole sangat berguna untuk mambantu pendaki saat perjalanan di gunung.

BANGSAONLINE.com - Trekking pole merupakan tongkat gunung yang biasa digunakan seseorang saat melakukan pendakian di gunung. Berbentuk meruncing ke bawah, di bagian atasnya bertekstur empuk dan nyaman digenggam, sedangkan di bagian bawah meruncing tajam sehingga mampu menancap pada permukaan tanah.

Tongkat ini sangat ringan, biasanya terbuat dari aluminium. Namun ada juga yang terbuat dari serat karbon.

Trekking pole tidak bisa digantikan dengan dahan pohon yang biasa dijumpai saat di gunung. Mengapa? Karena dahan yang biasa kita jumpai di gunung pastinya sangat berat sehingga tidak nyaman ketika difungsikan sebagaimana trekking pole.

Pun jika kita menemukan yang ringan, pasti dahan tersebut mudah patah sehingga berpotensi fatal kepada pendaki.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu fungsi lain dari trekking pole. Tidak hanya bermanfaat saat pendakian, benda ini juga mempunyai banyak fungsi yang jarang orang ketahui lho!

Simak sampai akhir untuk tahu lebih banyak terkait fungsi dari trekking pole!

1. Antisipasi Tergelincir

Kondisi medan di gunung sangat beragam, ada yang terjal, licin, bebatuan, juga landai. Trekking pole berguna untuk mengecek kondisi tanah sebelum melangkahkan kaki.

Dengan demikian, akan mambantu pendaki saat perjalanan di gunung agar tidak terjatuh atau tergelincir karena licin atau lubang yang tak terlihat.

2. Membagi Beban Pada Tubuh

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO