ITS Naik 36 Tingkat, Kini Ranking 585 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

ITS Naik 36 Tingkat, Kini Ranking 585 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - (ITS) semakin diperhitungkan di kancah internasional. Hasil rilis terbaru Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) yang diterbitkan pada 5 Juni lalu, ITS naik ke peringkat 585 perguruan tinggi dunia.

Manajer Senior Urusan World Class University (WCU) ITS Rulli Pratiwi Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D. menjelaskan, pada pemeringkatan kali ini ITS berhasil naik 36 tingkat dari yang sebelumnya berada pada peringkat 621 - 630. Atas capaian ini, ITS berhasil menempati peringkat ke-6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

"Alhamdulillah tak hanya ITS, sebanyak 26 perguruan tinggi di Indonesia berhasil naik peringkat hingga masuk dalam penilaian ini," kata Rulli Pratiwi dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Sabtu (8/6/2024) malam.

ITS berhasil meraih skor total sebesar 21,2. Rinciannya, Academic Reputation: 17,3; Employer Reputation: 48,9; Faculty Student: 47,8; Citations per Faculty: 1,6; International Faculty Ratio: 47,5; International Students Ratio: 5,3; International Research Network: 12,0; Employment Outcomes: 13,0, dan Sustainability: 16,1.

Berdasarkan penilaian tersebut, dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini menyampaikan bahwa ITS masih rendah pada indikator Citations per Faculty dan International Research Network.

Menurut dia, ITS masih perlu melakukan berbagai strategi terobosan untuk meningkatkan kualitas riset dan publikasi.

"Selain itu, juga diperlukan kolaborasi dan kerja sama yang lebih luas dengan perguruan tinggi luar negeri untuk mendongkrak capaian ini," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO