Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT DBHCHT kepada 4.209 Buruh Pabrik Rokok Wilayah Surabaya

Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT DBHCHT kepada 4.209 Buruh Pabrik Rokok Wilayah Surabaya Pj Adhy saat menyanyikan lagu Bendera bersama buruh pabrik rokok (dok. Ist)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Adhy Karyono menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024 untuk 4.209 lintas wilayah Surabaya dan sekitarnya di PT. HM Sampoerna Rungkut 2 Surabaya, Rabu (3/7).

ini disalurkan Pj. Gubernur Adhy secara simbolis kepada lima didampingi Kepala Urusan External PT. HM Sampoerna Arief Triastika dan Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim Restu Novi Widiani. Masing-masing buruh menerima bantuan sebesar Rp1.031.145.

Menariknya, di kesempatan ini, Adhy mengajak seluruh hadirin untuk menyanyikan lagu 'Bendera' dengan melambaikan bendera merah putih yang telah dibawa oleh masing-masing buruh dan para hadirin.

Hal ini dilakukan untuk menyongsong peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

"Hari ini kami melaksanakan satu program yang menjadi kewajiban kami pengembalian cukai dikembalikan dari Pemerintah untuk diberi kepada yang berhak dan salah satu yang paling berhak adalah para buruh pabrik, petani tembakau, dan orang miskin lainnya," ujarnya saat sambutan.

Adhy mengatakan, tahun 2024 ini Jatim memperoleh alokasi DBHCHT dari penerimaan negara sebesar Rp2,77 triliun. 

Anggaran ini bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau yang didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2024 dan Peraturan Gubernur Jatim Nomor 84 Tahun 2023.

"Pemerintah tetap menjalankan kewajibannya dan diserahkan kepada provinsi dan kabupaten, jumlahnya banyak tapi yang kembali Rp2,77 triliun," tuturnya.

Sementara terkait besaran tahun ini, Pj Adhy memastikan nilanya sama dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp13,8 miliar. 

Hanya saja tahun ini penerimanya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

"Uang yang didapatkan itu kemudian dibagi rata maka setiap orang dapatnya senilai satu juta sekian itu," katanya.

Pj Adhy berharap penyaluran bantuan ini bisa menjadi motivasi bagi para untuk lebih meningkatkan semangat dalam bekerja dan berkarya sesuai dengan bidang yang ditekuni. 

Lebih dari itu bantuan ini juga bisa bermanfaat bagi penerima dan keluarganya.

"Semoga bermanfaat dan ini uangnya harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar, untuk membeli makanan bergizi bagi anak-anaknya, belilah sesuai kebutuhannya" pesannya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO