Hasil Survei, Bank Indonesia Optimis Perekonomian Kediri Tetap Meningkat

Hasil Survei, Bank Indonesia Optimis Perekonomian Kediri Tetap Meningkat Plh. Kepala Perwakilan BI Kediri, Wihujeng Ayu Rengganis. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia kepada 100 responden rumah tangga di Kediri pada Juni 2024 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap perekonomian di Kediri meningkat dan tetap kuat.

Hal ini tercermin dari indeks keyakinan konsumen (IKK) yang berada pada level optimis sebesar 127,67 (level >100), meningkat dibanding Mei 2024. Optimisme konsumen tersebut didukung oleh keyakinan masyarakat terhadap prospek ekonomi Kediri ke depan yang dipersepsikan masih membaik.

Plh. Kepala Perwakilan , Wihujeng Ayu Rengganis, mengatakan indeks kondisi ekonomi (IKE) pada Juni tercatat meningkat menjadi sebesar 108,67 dari bulan lalu sebesar 108,00.

Berdasarkan komponen pembentuknya, terdapat indikasi peningkatan jumlah responden yang beranggapan bahwa tingkat penghasilan dan konsumsi durable goods (barang tahan lama) meningkat.

"Pada Juni 2024, terjadi peningkatan tingkat penghasilan terutama responden dengan penghasilan sebesar Rp2-5 juta," ucapnya, Jumat (5/7/2024).

Selain itu, lanjut dia, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods juga terpantau meningkat, terutama untuk pembelian perhiasan emas seiring fenomena panic buying di kalangan Masyarakat.

Lebih lanjut, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan terpantau tetap optimis. Hal ini tercermin dari indeks ekspektasi konsumen (IEK) Juni 2024 yang berada pada zona optimis sebesar 146,67, meningkat dibandingkan dengan Mei 2024.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO