Warisan Buruk Jokowi Berpotensi Berlanjut, Greenpeace Lantang Ajak Masyarakat Awasi Prabowo-Gibran

Warisan Buruk Jokowi Berpotensi Berlanjut, Greenpeace Lantang Ajak Masyarakat Awasi Prabowo-Gibran Aksi Damai Kreatif yang digelar Greenpeace Indonesia

BANGSAONLINE.com - Organisasi lingkungan independen mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengawasi pemerintahan baru Presiden dan Wakil Presiden, Subianto- Rakabuming Raka.

Hal ini menjadi isu fundamental lantaran pemerintahan anyar ini menggunakan jargon 'keberlanjutan' era .

Baca Juga: Khofifah Optimistis Kehadiran Kabinet Merah Putih

Melansir situs resmi Indonesia menyebut, seluruh persoalan lingkungan hidup termasuk krisis iklim, kebohongan hijau, hingga pembatasan ruang demokrasi berpotensi terus terjadi di era pemerintahan Subianto- Rakabuming Raka.

“Kita harus mengingat rekam jejak mantan presiden , yang meninggalkan banyak warisan buruk untuk kita, seperti pelemahan perlindungan lingkungan hidup, pelemahan demokrasi dan HAM, dan banyak proyek strategis nasional yang meminggirkan masyarakat adat dan masyarakat lokal,” kata Iqbal Damanik, juru kampanye hutan Indonesia, saat aksi damai kreatif berupa proyeksi video di bilangan Jakarta Pusat (19/10/2024).

Aksi tersebut menampilkan proyeksi video yang menunjukkan peta Indonesia dengan titik lokasi terjadinya perusakan lingkungan seperti deforestasi, perampasan hutan, dan wilayah masyarakat adat, kebakaran hutan dan lahan gambut, pertambangan mulai dari nikel, emas, batu bara, hingga pasir laut serta pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Baca Juga: Di Banyuwangi, Khofifah Ucapkan Selamat untuk Prabowo dan Gibran

Indonesia menduga - bakal meneruskan pembangunan yang eksploitatif dengan alasan pertumbuhan ekonomi 8 persen.

Hal tersebut nampak dari visi-misi - untuk menambah lahan food estate hingga 4 juta hektare dan melanjutkan hilirisasi nikel yang sejauh ini terbukti merusak lingkungan dan merugikan masyarakat lokal.

Disamping itu, menyesalkan sikap yang memilih beberapa orang yang memiliki rekam jejak bermasalah untuk mengisi kabinetnya.

Baca Juga: Di Penghujung Jabatan Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Gebuki Mafia Tanah

Misal seperti Bahlil Lahadalia, yang terlibat kisruh pencabutan izin pertambangan saat masih menjabat sebagai Menteri Investasi dan Zulkifli Hasan, yang saat menjabat Menteri Kehutanan melepaskan kawasan hutan untuk korporasi pada skala terluas dalam sejarah Republik Indonesia.

Khalisah Khalid, Ketua Kelompok Kerja Politik Indonesia, mengatakan bahwa masyarakat sipil, perlu terus mengawasi pemerintahan -.

“Terus bersuara agar mereka menghentikan watak pembangunan ekstraktif yang merusak lingkungan hidup, melanggar HAM, dan merugikan masyarakat,” ujar Khalisah Khalid.

Baca Juga: Silaturahmi Kebangsaan di Kediri, Gus Miftah Sebut Vinanda-Gus Qowim Calonnya Prabowo

“Kami juga mendesak pengakuan, penghormatan, dan pelindungan hak-hak masyarakat adat dan lokal, dua komunitas yang selama ini berperan penting menjaga keanekaragaman hayati. Sepuluh tahun pemerintahan menelantarkan RUU Masyarakat Adat, tapi menerbitkan sejumlah undang-undang yang menguntungkan oligarki. Tak banyak pilihan bagi kita, selain terus bersuara melawan oligarki yang mengancam keberlanjutan Bumi,” pungkas Khalisah Khalid. (msn/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO