Cegah Plagiarisme, Kanwil Kemenkumham Jatim Edukasi Konten Kreator dan Perguruan Tinggi di Malang

Cegah Plagiarisme, Kanwil Kemenkumham Jatim Edukasi Konten Kreator dan Perguruan Tinggi di Malang Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim saat memberi sambutan.

MALANG, BANGSAONLINE.com terus berkomitmen untuk mencegah terjadinya pelanggaran Kekayaan Intelektual di wilayah kerjanya. Oleh karena itu, digelar Edukasi Pencegahan Pelanggaran KI di Malang, Rabu (23/10/2024).

Agenda bertajuk 'Kreator Cerdas: Melindungi Karya dan Menghindari Pelanggaran KI' ini mengundang konten kreator, perguruan tinggi, dan instansi terkait di wilayah Jatim. Sedangkan narasumber yang hadir yaitu Dosen FH UB, Afrizal Mukti Wibowo; Koordinator Konten Kreator Jawa Timur, Achmad Bondan Sugiantara, dan Analis KI DJKI, Fitma Andriyanto.

Baca Juga: Gandeng Kanwil Kemenkumham Jatim, Ditjen AHU Kenalkan Inovasi Grasi Berbasis Elektronik

Kepala , Heni Yuwono, menyampaikan bahwa faktor platform media sosial yang semakin marak dan beragam menjadi candu bagi pengguna internet juga merupakan pendorong memunculkan profesi sebagai konten kreator.

"Perlindungan KI memberikan konten kreator kepastian hukum dan apresiasi untuk terus menciptakan konten yang berkualitas. Dan aspek perlindungan KI yang besar kaitannya dengan konten kreator adalah Hak Cipta," paparnya.

Baca Juga: 31.069 Pelamar CPNS Kemenkumham akan Ikuti SKD CAT di Surabaya

Perguruan tinggi, lanjut Heni, merupakan tempat lahirnya berbagai ide inovatif memiliki peran penting dalam menghasilkan dan melindungi KI. Perguruan tinggi juga memiliki peran edukasi, di mana timbul karena perguruan tinggi memiliki kesempatan untuk mengajarkan konsep dan prinsip dasar kekayaan intelektual kepada mahasiswa. 

"Dan (perguruan tinggi) memberikan pemahaman yang kuat tentang pentingnya melindungi karya intelektual.," katanya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Jatim Ajak Cegah Penggunaan Medsos untuk Tindak Pidana

Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah konten kreator di Indonesia bahkan dunia, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya jumlah pelanggaran terhadap kekayaan intelektual juga semakin meningkat, apabila terbatasnya wawasan serta kurangnya pemahaman para konten kreator terkait Kekayaan Intelektual.

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya kami untuk melindungi konten kreator dengan memberi kepastian hukum dan apresiasi untuk menciptakan konten-konten yang berkualitas," ucap Heni. (cat/mar)

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Momen Haru Warga Binaan Lapas Ngawi Buka Bersama Keluarga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO