Ingin Lihat Angka Kemisikinan di Bojonegoro? Di sini Tempatnya

Ingin Lihat Angka Kemisikinan di Bojonegoro? Di sini Tempatnya

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Lembaga yang khusus menyoroti tentang ekonomi migas di Kota Ledre, Bojonegoro Institut (BI), meluncurkan sebuah website yang disebut Poverty Resource Center (PRC) atau pusat data kemiskinan di Bojonegoro.

Website PRC ini menyuguhkan data statistik kemiskinan yang telah diolah dalam bentuk peta data.

Direktur Bojonegoro Institut AW Saiful Huda ketika dikonfirmasi menjelaskan, website PRC ini manfaatnya untuk mempublikasikan data-data kemiskinan dan yang berkaitan dengan kemiskinan. Sehingga, kata dia, dapat memudahkan para pemangku kebijakan untuk membuat, merumuskan, merencanakan, memonitor, sekaligus mengevaluasi kebijakan penanggulangan kemiskinan di Bojonegoro.

“Website PRC ini juga bisa diakses dan diunduh datanya oleh siapa saja, masyarakat umum. Dengan begitu, masyarakat juga akan tahu berapa jumlah penduduk di Bojonegoro secara akurat,” ujarnya, Jumat (9/10) siang ini.

Awe, sapaan akrab Saiful Huda, mengungkapkan, website PRC ini merupakan sebuah sistem berbasis teknologi informasi yang dibuat sebagai pusat informasi dan database kemiskinan. Data yang tersedia misalnya mengenai jumlah dan prosentase penduduk miskin di Jawa Timur termasuk di Bojonegoro tahun 2013, data penduduk miskin di Jawa Timur dan Bojonegoro tahun 2012, indeks pembangunan manusia di Jawa Timur dan Bojonegoro tahun 1999, pusat informasi dan data kemiskinan Kabupaten Bojonegoro, mekanisme transparansi tata kelola migas di Kabupaten Bojonegoro, dan lainnya.

“Data yang ada di PRC ini akan memudahkan pemangku kebijakan untuk mendesain program pengentasan kemiskinan di Bojonegoro,” ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO