Puluhan Ribu Santri di Lamongan Ikut Pawai Peringati Hari Santri Nasional

Puluhan Ribu Santri di Lamongan Ikut Pawai Peringati Hari Santri Nasional Ribuan santri padati lapangan apel di Ponpes Sunan Drajat Paciran dalam rangka peringati HSN dan Resolusi Jihad NU. foto: haris/BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar 20 ribu santri dari puluhan pesantren dan lembaga pendidikan di Pantura hadiri apel yang dipusatkan di Ponpes Sunan Drajat, Paciran, Kamis (22/10/2015).

Yang menarik dalam puncak peringatan dan Resolusi Jihad NU ini, para santri kenakan seragam khas mereka, yakni sarung. Sedangkan santri putri mengenakan baju muslimah.

Di samping menggelar apel, puncak HSN yang dipusatkan di Paciran ini juga diramaikan dengan pawai baju sarung khas santri. "Total ya, ada 20 ribuan," ujar Syahrul Munir koordinator acara pada BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, pawai santri itu tak hanya diikuti kalangan santri dan santriwati saja. Namun seluruh ulama, umara dan kiai pengasuh pondok pesantren beserta pengurus NU juga ikut berjalan kaki ikut pawai keliling.

Nampak jajaran pengurus PCNU di antaranya ketua PCNU, Biin Abdullah dan Sekjen Imam Ghozali, pimpinan Ponpes Sunan Drajat Kiai Abdul Ghofur serta beberapa kiai khos NU. "Alhamdulillah dari santri, ulama, umara, pengasuh ponpes juga ikut semua tumpuk blek di ASDP," jelas Syahrul Munir yang juga menjabat sebagai Pimpinan Cabang Rabithah Mahadil Islamiyah Nahdlatul Ulama (PCRMI) .

Selama pawai keliling, sejumlah santri terlihat menunjukkan kebolehannya dengan memperagakan atraksi Barongsai, musik tradisional seperti hadrah, sholawat banjari hingga musik modern drumband. "Barangsai, dan lainnya, mereka semua jalan kaki 5 kilometer, PP Sunan Drajat ke ASDP, Sendang ke ASDP juga 5 kilometer," urainya.

Sementara itu, Ketua LP Ma'arif , Husen, mengungkapkan tidak hanya di Paciran saja yang menggelar pawai HSN, tetapi juga di Kecamatan Sukorame diadakan pawai HSN. "Yang jalankan lembaga Ansor, MWC NU," ujarnya.

Husen menambahkan, di Kecamatan Sukorame peserta pawai sebanyak 2 ribu santri. "Sekitar 2 ribuan santri yang ikut, disana juga akan digelar sholawat Banjari," tandasnya. (ais/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO