Pilkada Serentak 2015, Media Harus Dorong Lahirnya Pemimpin Berkualitas

Pilkada Serentak 2015, Media Harus Dorong Lahirnya Pemimpin Berkualitas PAPARAN: Ketua PWI Jawa Timur H Ahmad Munir saat berbicara dalam Rakor Menuju Pilkada Sidoarjo 2015 Aman dan Damai, di Pendapa Delta Wibawa, Sidoarjo, Kamis (12/11). foto: musta'in/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Media massa memiliki kontribusi yang besar dalam mewujudkan lahirnya pemimpin yang berkualitas, termasuk pemimpin yang dihasilkan dalam hajatan demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

Penegasan itu disampaikan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur H Ahmad Munir kala berbicara dalam Forum Rapat Koordinasi (Rakor) Insan Pers Kabupaten Sidoarjo bertema Menuju Pilkada Sidoarjo 2015 Aman dan Damai, di Pendapa Delta Wibawa, Pemkab Sidoarjo, Kamis (12/11/2015).

"Pers harus imbang, adil, independen dan harus mendorong rakyat memilih pemimpin yang baik dan berkualitas kala Pilkada Serentak Tahun 2015," cetus H Ahmad Munir.

Menurut Munir, media massa harus menjalankan fungsinya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai pendidikan politik kala Pilkada Serentak Tahun 2015. Sehingga, Munir berharap wartawan dan media massa tidak memihak kepada salah satu kontestan dalam Pilkada.

Munir juga berharap media massa juga menyampaikan informasi tahapan Pilkada Serentak. Dengan demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pilkada Serentak, melakukan tahapan tersebut dengan baik dan benar serta sesuai aturan perundang-undangan.

"Pengkritisan tersebut semata demi kepentingan publik," tandas Munir, yang juga Kepala Biro LKBN Antara Jawa Timur ini.

Selain Ahmad Munir, hadir dalam Rakor tersebut Zainal Arifin Emka, dosen STIKOSA AWS Surabaya yang memaparkan seputar profesi wartawan. "Wartawan ideal itu wartawan yang menyuarakan pesan semua pihak meski berbeda," cetus Zainal Arifin.

Dia pun meminta wartawan menjalankan profesinya dengan tanggung jawab. "Pesan dari paman kepada Spiderman, bahwa kekuatan yang besar itu menuntut tanggung jawab yang besar," cetus Zainal, mantan wartawan Surabaya Post ini.

Rakor yang diikuti para wartawan di Kabupaten Sidoarjo dan digelar Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Sidoarjo ini, dibuka oleh oleh Penjabat Bupati Sidoarjo H Jonathan Judyanto.

Kala membuka rakor, Jonathan menyampaikan betapa pentingnya peran pers, termasuk kaitannya dengan Pilkada Serentak Tahun 2015. "Peran pers sangat penting misalnya untuk menyampaikan pesan guna memastikan Pilkada serentak yang digelar 9 Desember nanti tetap terlaksana dengan aman dan kondusif," tandas Jonathan, yang juga Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur ini. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO