KPU Sidoarjo Ajak Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Pilih Dalam Pilbup

KPU Sidoarjo Ajak Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Pilih Dalam Pilbup SOSIALISASI: Komisioner KPU Sidoarjo Abdillah Adhi memaparkan soal Pilbup 2015 kepada penyandang tunanetra, di Balai Desa Terik Kecamatan Krian, Sidoarjo, Minggu (15/11/2015). foto: musta'in/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo mengajak penyandang Disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sidoarjo Tahun 2015, pada 9 Desember nanti. Sebagaimana warga negara lainnya, penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dan dijamin oleh aturan perundang-undangan.

Ajakan agar penyandang Disabilitas menggunakan hak politiknya itu disampaikan oleh Komisioner KPU Sidoarjo Abdillah Adhi kala mensosialisasikan Pilbup Sidoarjo 2015, kepada sekitar 80 penyandang tunanetra, di Balai Desa Terik Kecamatan Krian, Sidoarjo, Minggu (15/11/2015).

"Kami sangat mengapresiasi partisipasi bapak dan ibu (dalam sosialisasi) dan kami berharap bisa diwujudkan pada hari H nanti, hari Rabu tanggal 9 Desember. Monggo sami-sami tindak ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang telah ditentukan," cetus Abdillah Adhi.

Dalam kesempatan itu, Adhi juga menyampaikan sejumlah hal terkait Pilbup Sidoarjo 2015. Di depan penyandang tunanetra itu, ia menjelaskan tentang Pilbup Sidoarjo yang diikuti 4 kontestan sesuai nomor urutnya, yakni pasangan calon (Paslon) nomor 1 HMG Hadi Sutjitpo-H Abdul Kholik, paslon nomor 2 H Utsman Ihsan-Hj Tan Mei Hwa, paslon nomor 3 H Saiful Ilah-H Nur Ahmad Syaifuddin, dan paslon nomor 4 Warih Andono-H Imam Sugiri.

Adhi juga berharap para penyandang Disabilitas ini bisa menjatuhkan pilihannya dengan cerdas dan tidak tergiur dengan bujuk raya yang dibungkus dengan uang.

Sementara, Samuji, penyandang tunanetra berharap KPU saat sosialisasi menggunakan alat bantu (template) coblosan sehingga dia dan teman-temannya langsung bisa paham. "Alangkah baiknya, pas sosialisasi seperti ini, KPU juga bawa alat peraga template untuk ditunjukkan ke teman-teman," pinta warga Pepelegi Kecamatan Waru kala sesi tanya jawab.

Soal harapan itu, Abdillah Adhi mengungkapkan jika template yang dimiliki KPU, bekas Pilpres tahun lalu, tengah dipakai contoh oleh rekanan pemenang tender kertas surat suara. "Mohon maaf, template yang kami punya, masih dipinjam rekanan dan tengah dipakai contoh di pabrik di Klaten," tandas komisioner Pokja Sosialisasi, Pencalonan, dan LHKPN ini.

Sedangkan Ny Lilis, berharap KPU juga melibatkan langsung penyandang tunanetra untuk sosialisasi Pilbup Sidoarjo 2015, sehingga mereka bisa secara gamblang memamahi materi. "Kami minta agar ada teman kami yang dilibatkan langsung dalam simulasi pemilu ini," pinta warga Bungurasih Barat, Kecamatan Waru ini.

Para penyandang tunanetra yang mengikuti sosialisasi itu, merupakan anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Sidoarjo. Hadir dalam sosialisasi itu, Ketua Pertuni Sidoarjo, Sapto Hadi dan Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman. "Kami berharap sosialisasi ini meningkatkan partisipasi penyandang Disabilitas dalam Pilbup Sidoarjo 2015," cetus Sulaiman. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO