Lestarikan Batik, Siswa di Tuban Diajari Membatik

Lestarikan Batik, Siswa di Tuban Diajari Membatik Sejumlah anak mengikuti arahan pendamping batik. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten sudah lama terkenal dengan jenis dan corak kain batik. Tidak heran Kabupaten berjuluk Bumi Wali ini juga terkenal dengan karya batiknya seperti batik dari Gedok, Kecamatan Kerek, dan batik Bongkol, Sumurgung Kecamatan .

Seni membatik pun kini menjadi perhatian berbagai pihak agar kekayaan khas itu tidak punah dan terus lestari. Salah satunya dengan mengajarkan karya seni membatik kepada anak-anak. Hal itu terlihat dari aktivitas anak-anak dari TKIT Al Uswah yang berkunjung dan belajar mengenal batik di daerah Sumurgung, Kecamatan .

"Kita ajak anak-anak ini mengenal batik, dengan harapan mereka ini yang nantinya akan menjaga kelestarian batik asli ,” ujar Kepala TKIT Al Uswah , Peni Agustini.

Pantauan di lapangan, sejumlah anak nampak asik mengikuti kegiatan dan melihat proses penggoresan tinta batik. Berbagai bentuk motif dilukis di atas kain polos yang menjadi corak khas batik .

terkenal dengan batik, makanya kita kenalkan anak-anak sejak dini agar cinta dengan produk negeri sendiri,” tambahnya.

Setelah melihat cara membatik, siswa kemudian diberikan kesempatan untuk mencoba membatik di kain putih dengan mengunakan canting (alat batik). Mereka pun menggoreskan berbagai motif di atas kain yang disediakan saat berkunjung di tempat membatik.

"Kami ajak siswa langsung mempraktekan setelah melihat proses membatik, dengan kain kecil yang disediakan,” pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO