Puluhan Tahun Mengajar, Dua Guru Difabel Sumenep Mendapatkan Penghargaan Guru Inspiratif

Puluhan Tahun Mengajar, Dua Guru Difabel Sumenep Mendapatkan Penghargaan Guru Inspiratif Untung saat menunjukkan kemampuan menulisnya menggunakan kaki. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Puluhan tahun mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik, dua orang difabel di Kabupaten Sumenep mendapatkan penghargaan sebagai guru inspiratif dari Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Timur, Jum’at (15/4).

Dua guru itu adalah Untung dan Sujirman. Untung tidak memiliki dua tangan. Dia sudah sekitar dua puluh empat tahun menjadi tenaga pengajar di MI Miftahul Ulum di Kecamatan Batang-batang. Meski tidak memiliki tangan, dia bisa menulis dengan menggunakan kaki.

Sedangkan Sujirman dua kakinya tidak normal layaknya manusia pada umumnya. Sama seperti Untung, sudah puluhan tahun juga dia mengajar di lembaga sekolah yang sama.

Untung mengaku tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan itu, karena dia tidak pernah bermimpi mendapatkan anugerah itu. “Semoga apa yang beliau berikan kepada saya mendapat balasan dari Allah dan bisa menginspirasi yang lain,” ujarnya.

Untung berharap setiap guru ikhlas dalam mentransfer keilmuannya, termasuk ikhlas menerima semua takdir Tuhan. Ciri-ciri guru ikhlas, kata Untung, ketika dicaci tidak tumbang, ketika dipuji tidak terbang.

Sementara Kepala Kawnwil Kemenag Jawa Timur, Mahfudh Shodar, mengaku terpanggil untuk memberikan penghargaan kepada dua guru difabel tersebut. Sebab meski dengan keterbatasan fisik, dua orang itu tetap setia menjadi guru yang mengajarkan ilmu kepada siswa-siswanya, dan itu berlangsung selama puluhan tahun.

“Yang kami harap adalah kedua guru ini menjadi inspirasi bagi guru-guru lainnya, apalagi bagi guru yang fisiknya masih bisa dibilang sempurna,” terangnya.

Dua guru tersebut hanya mendapatkan gaji Rp 300 ribu per bulan di sekolah ia mengajar. Dengan gaji kecil dan keterbatasan fisik itulah yang bikin orang-orang di Kanwil Kemenag Jawa Timur terketuk hatinya memberikan penghargaan sebagai guru inspiratif. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO