Danramil Arosbaya Koordinasikan Cara Atasi Hama Tikus

Danramil Arosbaya Koordinasikan Cara Atasi Hama Tikus

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Komandan Rayon Militer (Danramil) 13/Arosbaya jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Kapten Inf Budiono bersama melakukan kordinasi dengan petugas Penyuluh Hama Padi, Mindar di Kantor Koramil 13/Arosbaya Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (29/07). Koordinasi tentang bagaimana mengatasi dan mengendalikan hama tikus pada tanaman padi milik petani di wilayah.

Mindar menjelaskasn, tikus adalah hama kedua terpenting pada tanaman padi di Indonesia. Hama ini harus diperhatikan khusus karena kehilangan hasil produksi akibat serangan hama tikus sangat tinggi. Usaha untuk mengendalikan tikus ini sudah banyak dilakukan oleh para petani, mulai dari fisik, cara hayati, sanitasi, kultur teknik, mekanik dan kimia.

“Tetapi diakui, bahwa dengan cara pengendalian itu belum optimal, sehingga harapan untuk menekan populasi tikus sangatlah sulit,” jelas dia.

Pengendalian hama tikus ini akan terlaksana dengan baik bila petani mempelajari konsep dasarnya dan menguasai berbagai cara pengendalian ke dalam suatu program yang sesuai dengan jenis organisme pengganggu dan ekosistem pertanian di tempat tersebut.

Lebih lanjut disampaikan Mindar, cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah hama tikus pada tanamana padi diantaranya yaitu melakukan pembersihan lahan atau sanitasi lingkungan, pembersihan rumput-rumput atau semak-semak yang suka digunakan tikus untuk bersarang. (pen/ns)

Sumber: pendam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO