Pertunjukan Lalare Orchestra Rebut Penghargaan Dunia

Pertunjukan Lalare Orchestra Rebut Penghargaan Dunia Pertunjukan Lalare Orchestra Banyuwangi yang memukau di depan peserta PATA Travel Mart di Indonesia Convention Exhibition (ICE).

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gairah ber itu pula yang secara tidak langsung ikut mendorong pengembangan pariwisata di . Ada segmen wisatawan yang memang penggemar-seni tradisi, mereka senang melihat banyak penampilan tradisi.

Hal itu ditegaskan oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten , MY Bramuda, Senin (12/9). Penegasan itu menanggapi diraihnya penghargaan internasional oleh Lalare Orchestra di Banten.

Penghargaan diterima di sela-sela di sela-sela acara PATA Travel Mart di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Banten, Jumat (9/9). Acara tersebut, diikuti 1000 delegasi pariwisata dari 60 negara.

Menurut Bramuda, terjadi proses regenerasi yang membanggakan dari warga yang mencintai tradisional.

"Dengan banyaknya anak-anak yang berlatih, termasuk melalui Lalare Orchestra, tentu semakin mudah melakukan regenerasi. Ini keunggulan karena warganya cinta tradisi. Saat daerah lain susah melakukan regenerasi, di relatif berjalan cukup baik,” pungkasnya.

PATA yang memberi penghargaan dunia tersebut merupakan asosiasi pariwisata yang terdiri atas 970 organisasi/entitas kepariwisataan, 100 maskapai penerbangan, 150 institusi pendidikan/universitas/pusat kajian pariwisata, dan ribuan perusahaan pariwisata.

Menurut Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Samsudin Adlawi, Lalare Orchestra adalah kelompok musik yang berisi lebih dari 100 anak dari berbagai sekolah dari tingkat SD hingga SMP di . Mereka memainkan beragam alat musik khas, seperti gendang, rebana, dan angklung, yang diorkestrasikan dalam paduan yang menarik.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO