SMART, Aplikasi Anti Pungli Polres Jombang

SMART, Aplikasi Anti Pungli Polres Jombang Salah satu terobosan Polres Jombang dalam antisipasi pungli dengan melaunching progam berbasis android yang diberi nama SMART. Foto : rony.s/bangsaonline

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Polres Jombang melaunching aplikasi berbasis android yang diberi nama SMART. Dalam aplikasi itu terdapat konten terkait program Satlantas Polres Jombang.

Aplikasi tersebut berisi informasi tilang, informasi kecelakaan lalu lintas, informasi BPKB, perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) online, serta ruang menyampaikan saran dan kritik terhadap kinerja polisi.

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto mengatakan, dengan aplikasi tersebut pihaknya berharap proses birokrasi saat pengurusan perpanjangan SIM dapat dipangkas. Dengan begitu, kemungkinan adanya pungli dapat diminalisir. Karena salah satu peluang terjadinya pungli adalah panjangnya birokrasi.

"Kami ingin memangkas birokrasi. Karena perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Secara otomatis birokrasi tidak lagi panjang. Adanya aplikasi ini juga diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengakomodir kebutuhan layanan lalulintas," kata Agung.

Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini juga, masyarakat bisa melaporkan ke Kapolres jika mengetahui praktik pungli yang dilakukan oknum polisi.

Selain peluncuran aplikasi SMART, Polres Jombang juga melaunching klub sepakbola Bhayangkara FC. Klub ini untuk mewadahi anggota Polres yang memiliki bakat di sepakbola.(ony)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO