Kapolda Jatim Cek Konflik Tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi

Kapolda Jatim Cek Konflik Tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin saat menjawab pertanyaan para awak media.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jatim Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Machfud Arifin melakukan kunjungan kerja di Polres Banyuwangi Senin siang (13/3/2017). Kedatangan kapolda ini disambut oleh Kabagren Kompol Bagio MM,Kabagsumda Kompol Mustakim, Kasubaghumas AKP Bakin, beberapa kepala satuan dan para Kapolsek.

Kedatangan Kapolda Machfud Arifin ke Banyuwangi ini untuk memantau konflik yang terjadi di tambang emas Gunung Tumpang pitu, Pesanggaran, Banyuwangi yang dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI). Area tambang ini mempunyai luas lahan yang masuk kawasan obvit sekitar 5.000 hektar.

Dalam kesempatan ini, Kapolda meminta agar Pemda Banyuwangi menjembatani dan memediasi permasalahan antara BSI dan warga.

"Dengan tujuan agar masyarakat yang menolak penambangan emas di Gunung Tumpang pitu menyadari bahwa eksploitasi diperlukan untuk kepentingan Negara. Saya minta Tumpang Pitu harus berjalan. Kepolisian hanya mengamankan kebijakan Pemda. Pemda kasih izin, kita ya ngamanin. Tinggal sosialisasi saja mempertemukan antara pengusaha dengan warga yang menolak," tegas Kapolda Jatim saat beristirahat makan siang di ruangan Kapolres Banyuwangi.

Sebelumnya, warga menolak pemasangan kabel listrik oleh BSI. "Menurut saya, pemasangan kabel listrik yang ditolak warga sekitar sangat penting diperlukan untuk produktifitas pertambangan. Termasuk penerangan sarana tambang dan produksi pengolahan emas. Kalau diganggu nggak akan bisa jalan dan juga akan mempengaruhi target produksinya," papar Kapolda.

Ia juga mengaku tidak akan menambah jumlah bantuan personil untuk mengamankan area PT BSI. Sebab, jumlah anggota kepolisian polisi Banyuwangi yang saat ini ditempatkan di Tumpang Pitu dianggap cukup.

Kasubaghumas AKP Bakin juga mengatakan bahwa Kapolda selama di Mapolres banyak berdiskusi bersama anggotanya di jajaran Polres Banyuwangi.

Namun kunjungan Kapolda ini tidak dihadiri pimpinan Polres Banyuwangi, termasuk Kapolres AKBP Agus Yulianto. Sebab, Kapolres sedang rapat koordinasi di Polda Jatim. "Sedang Wakapolres Kompol Muhammad Yusuf Usman sedang mengikuti sekolah calon pimpinan (Sespim)," jelasnya. (bwi1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO