Sejumlah Elemen Masyarakat Demo Pabrik Gula PT KTM, Protes Bau Limbah

Sejumlah Elemen Masyarakat Demo Pabrik Gula PT KTM, Protes Bau Limbah Aksi warga saat demo di depan pabrik gula PT. KTM.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah elemen masyarakat yang terdiri Pemuda Pancasila, Kepala Desa di Kecamatan Ngimbang, dan warga, Selasa (4/4) siang mendemo pabrik gula PT Kebun Tebu Mas (KTM) di wilayah Kecamatan Ngimbang Lamongan. Mereka menuntut agar pabrik gula tersebut ditutup karena limbahnya dianggap menimbulkan bau tak sedap seperti kotoran kucing.

“Bau tidak sedap tersebut dirasakan masyarakat hingga di wilayah Kecamatan Pucuk, Babat dan Sukodadi. Padahal jaraknya sangat jauh dari wilayah Kecamatan Ngimbang,” kata Korlap pendemo, Ahmad Umar Buwang.

Dikatakan Buwang, panggilan Ahmad Umar Buwang, PT KTM harus ditutup jika tidak bisa menangani persolaan tersebut. Sebab bau seperti kotoran kucing tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit di kemudian hari.

Di sisi lain, menurut perwakilan SMA PGRI Ngimbang, Suprapto, bau menyengat tersebut juga mengganggu proses belajar siswa di sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Ngimbang.

“Kami bersama sejumlah sekolah lain di Ngimbang meresa resah, siswa saat mengingkuti proses belajar tidak bisa berkonsentrasi secara penuh akibat bau tersebut. Kami kawatir hal tersebut berdampak pada nilai study siswa. Untuk itu harus ada penanganan secara cepat dan tepat,” tegas Suprapto saat orasi.

Setelah melakukan orasi di pintu gerbang, sejumlah perwakilan pendemo ditemui pihak manajemen di salah satu ruang PT KTM. Mereka kemudian berdialog di ruangan tersebut

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO