Kamis, 13 Mei 2021 05:51

Didukung 100 Pengelola Media Online, SMSI Jawa Timur Terbentuk

Sabtu, 22 April 2017 00:40 WIB
Didukung 100 Pengelola Media Online, SMSI Jawa Timur Terbentuk

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekitar 100-an pengelola media siber (media online) menghadiri pertemuan yang difasilitasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur di kantor PWI Jatim, Jumat (21/4).

Dalam penjelasannya, Ketua PWI Jatim Akhmad Munir mendapatkan mandat dari PWI Pusat, untuk mengakomodasi dan memfasilitasi pengelola media siber di Jatim, agar mereka memiliki payung organisasi.

“Alhamdulillah, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Timur hari ini bisa terbentuk,” ujar Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir. Sebelumnya, secara nasional sudah dibentuk kepengurusan SMSI pada 27 provinsi di Indonesia.

BACA JUGA : 

Jelang Lebaran, PWI Sidoarjo Bagi-bagi Sembako ke Sopir Angkot

Genap Empat Tahun, AMSI Konsisten Mewujudkan Ekosistem Digital yang Sehat

Pengurus PWI Ngawi Resmi Dilantik

PWI dan IJTI Kota Mojokerto Gelar Teatrikal Kecam Aksi Kekerasan, Forkopimda Lepas Merpati

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir (kiri), didampingi Djoko Tetuko dan Yousri Nur Radja Agam. 

“Ini berarti kepengurusan SMSI Provinsi ke-28,” tambah Munir yang juga Kepala Biro LKBN ANTARA Jatim. Di tingkat Pusat, SMSI dideklarasikan pada 17 Maret 2017 yang diinisiasi PWI Pusat.

Menurut Munir, SMSI Jatim akan menjadi wadah bagi para pengelola media siber di Jatim,agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sebagai media siber, pengelola wajib menjalankan usaha ini layaknya badan usaha lainnya.

Itu sebabnya, media siber harus dikelola seperti mengelola bisnis pada umumnya,sehingga bisa menghasilnya keuntungan. Sedangkan keuntungan itu akan menjadikan karyawannya sejahtera.

“Namun, di sisi jurnalistik, awak medianya juga harus bekerja dan menjalankan tugas jurnalistik, sesuai dengan kode etik jurnalistik. Kami berharap setelah bergabung dengan SMSI ini, ada perubahan lebih baik terhadap anggotanya, termasuk dalam bidang jurnalistiknya,” lanjut Munir.

Dalam pertemuan membentuk kepengurusan SMSI Jatim, para pengelola media siber yang hadir sepakat menunjuk Eko Pamuji (duta.co) sebagai Ketua, Seketaris : Makin Rahmat (transparansi.com) dan Syaiful Anam (jatimpos.com) dan Bendahara : Andy Setyawan (surabayaonline.co), Moh Rifai (suryamadura.com) dan Titis (bhirawa.co).

Ditemui usai acara, Eko Pamuji yang ditunjuk sebagai ketua SMSI Jatim menyatakan, ke depan media siber akan menjadi bagian penting dari media massa, karena itu perusahaannya harus dikelolasecara professional.

“Demikian pula wartawannya harus menjalankan tugas-tugas jurnalistik secara professional,” tandas Eko Pamuji yang juga Sekretaris PWI Jatim itu kepada BANGSAONLINE.com.

Selanjutnya, pengurus SMSI Jatim yang sudah terbentuk itu akan disampaikan ke SMSI pusat agar segera mendapat SK pengesahan. Setelah itu SMSI akan menjadi konstituan baru di Dewan Pers. Berikut susunan lengkap pengurus SMSI Jatim. (dur/rev)

DEWAN PENASEHAT

Ketua : Akhmad Munir

Anggota : Arif Afandi, Djoko Teturo, Nur Wahid, Luthfil Hakim, Abdurrahman Ubaidah, Mukhammad Kaiyis, Andung Kurniawan,Nawang Esthi, Yousri Nur Radja Agam, Suyono, Mega Wulandari, Agus Suratno, H Agus Taufan, H Samudi,Mohammad Masduki.

DEWAN PENGURUS

Ketua: Eko Pamudji

Ketua Bidang Organisasi dan Daerah : Effendi (beritalima.com)

Ketua Bidang Pengawasan dan Penyehatan Usaha : Rossi Raharjo (kabarmadura.co)

Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kerjasama: Herry Dwi Wahyudi (suarapubliknews.com)

Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihandan Riset : Koko Sudarsono (surabayapost.com)

Ketua Bidang Hukum dan Arbitase : Sokip (petisi.co)

Sekretaris : Makin Rahmat (transparansi.com), Syaiful Anam (jatimpos.com) Bendahara : Andy Setyawan (surabayaonline.co), Moh Rifai (suryamadura.com) dan Titis (bhirawa.co).

Seksi Informasi dan Teknologi (IT) : A. Sutikhon (kabargresik.com), Muhammad Ridwan (satujurnal.com), Ahmad Rizal (malangvoice.com).

Seksi Pendataan dan Verifikasi : Raditya M Khadafi (surabayapagi.com), Suprayogi (inilahmojokerto.com), Erfandi Putra (globalnews.co.id).

Seksi Pengembangan Daerah : Salim Umar (jemberpost.com), Sasmito Anggoro (suarabojonegoro.com), Yusuf Abidin (adakitanews.com), Roni Hartono (newssatu.com), Arif Anas (kabarjombang.com), Abinanto Dewabrata (malangtoday.com)

Seksi Literasi Media : Arif Subagyo (klikmadiun.com), Imam Haironi (suarajatimpos.com), Adi Sudanto (faktualnews.com).

Seksi Komunikasi : Bambang Iswahyoedi (koranmemo.com), Moh Hasan (forumnusantaranews.com), Revol Afkar (bangsaonline.com).

Para pengelola media online yang hadir di Graha PWI, Jumat (21/4/2017)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...