Biar Pengrajin Batik Gedog Bisa Bersaing, Dekranasda Adakan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Biar Pengrajin Batik Gedog Bisa Bersaing, Dekranasda Adakan Pelatihan dan Pengembangan SDM Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Ayu Bintang Puspayoga, saat melihat Batik Gedok karya pengrajin Tuban. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat bekerjasama dengan pengurus Dekranasda Tuban mengadakan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pengrajin batik tenun Gedog Tuban. Pelatihan ini diadakan di Gedung Korpri Komplek Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (19/7).

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Ayu Bintang Puspayoga mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan lanjutan yang sudah digelar sebelumnya.

“Melalui pelatihan ini, nantinya diharapkan para peserta bisa lebih berkreasi dan berinovasi agar bisa bersaing, tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga di pasar nasional dan internasional, serta selalu berupaya menaikkan kualitas batik tenun Gedog Tuban,” harapnya.

"Dulu proses pembuatannya masih manual, namun dalam pelatihan ini para peserta sudah mulai diajari dengan alat bantu dinamo, sehingga bisa lebih mempercepat proses dan hasilnya jauh lebih berkualitas," ungkap istri Menteri Koperasi dan UKM tersebut.

Sedangkan untuk kendala yang dihadapi, Ayu Bintang Puspayoga mengungkapkan bahwa pengrajin mayoritas masih lemah dalam hal manajemen dan pembukuan sederhana. "Misal berapa harga jual barang, cara memasarkan barang. Sehingga itulah fokus dari program Dekranas dalam memfasilitasi para pengrajin," katanya.

"Tenun tradisional harus dipertahankan dari gempuran tenun asing yang mulai banyak masuk ke pasar dalam negeri. Ini sangat penting untuk mempertahankan warisana budaya lokal," pungkasnya. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO