Jokowi Bantah Pecah dengan JK Gara-Gara Kantor Transisi

Jokowi Bantah Pecah dengan JK Gara-Gara Kantor Transisi

Jakarta(bangsaonline)Kantor Transisi presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla diresmikan saat JK sedang tak di Indonesia. Bagaimana koordinasi keduanya terkait keberadaan kantor tersebut dan timnya?

"Sekarang Pak JK di mana?," kata saat ditanya wartawan tentang komunikasinya dengan JK soal kantor Transisi usai rapat, Selasa (5/8/2014).

"Lagi di Amerika Pak," ucap wartawan.

"Nah itu. Nanti setelah pulang baru kita laporkan," ujar yang kembali mengenakan kemeja putih khas blusukannya.

mengaku saat ini ia ingin bergerak cepat memetakan masalah dan membuat sejumlah prioritas untuk pemerintahan ke depan.

Ia mengakui bila kehadiran kantor dan timnya tergolong baru. Namun ia menekankan kantor itu dihadirkan untuk membahas konsep pembangunan dan bukan soal merumuskan kabinet pemerintahannya.

"Ini tradisi baru. Biasanya kalau baru menjabat, yang dibahas power sharingnya berapa. Tapi kita membahasnya kebijakan apa, yang prioritaskan apa," ucapnya.

Ia menilai pembentukan tim ini hal yang biasa. Terlebih karena KPU sudah menetapkan ia dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019.

"Yang namanya misalnya kita mau membentuk kabinet waktu kampanye nggak apa-apa. Apalagi sudah pilpresnya. Sudah KPU putuskan. Kita kerja cepat," tuturnya.

Ia menampik anggapan kubu Prabowo-Hatta yang mengatakan kantor itu membuat -JK tak menghormati proses politik yang saat ini bergulir di MK

Ia pun menampik kabar perselisihannya dengan JK terkait kantor tersebut. "Berdebat apanya? Pak JK di Amerika kok," ujar Gubernur DKI ini.

Senada dengan , Kepala staff Kantor Transisi Rini Suwandi juga menampik adanya perselisihan antara -JK tentang kantor itu. Ia mengatakan setiap hasil rapat akan segera dilaporkan pada JK namun masih menunggu JK pulang ke Indonesia.

"Kita tidak mau mengganggu beliau di Amerika. Kita di sini bekerja dan nanti akan kita laporkan kok hasilnya. Di sini juga ada ruangannya pak JK. Kita harap begitu pulang bisa langsung bekerja," ujar Rini.

Deputi Kantor Transisi -JK memastikan pembentukan dan pemilihan personel Kantor Transisi telah dikomunikasikan oleh ke JK. Wapres Terpilih itu disebut tak keberatan dengan pembentukan Kantor Transisi.

"Pak dan Pak JK berkomunikasi terus dan Pak melakukan langkah ini sudah komunikasi dengan Pak JK," ujar Deputi Kantor Transisi Anies Baswedan di Jalan Situbondo, Menteng, Selasa (5/8/2014).

Partai Nasdem memaklumi tidak dilibatkan Joko Widodo dalam penentuan staf Kantor Transisi. Karena bagi mereka, itu merupakan hak calon presiden terpilih tersebut. Lagi pula, tidak perlu segala sesuatunya partai koalisi ikut mendiskusikan.

Demikian disampaikan Sekjen Nasdem Patrice Rio Capella Senin malam (4/8).

Karena itu, Nasdem menyambut baik penunjukan Rini Mariani Soemarno sebagai Kepala Staf Kantor Transisi. Menurutnya, mantan Memperindag itu mempunyai kapastitas untuk menduduki posisi tersebut.

Selain Rini M Soemarmo, juga menunjuk Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan dan Akbar Faizal sebagai deputi. Meski politikus Nasdem Akbar Faizal masuk dalam kantor transisi, Rio memastikan itu bukan perwakilan partai.

Yang jelas, Rio menambahkan, Kantor Transisi ini hanya sekadar bagaimana ketika masuk di pemerintahan baru nanti, dan kabinet paham yang mendatang seperti apa dan bisa berkesinambungan dengan pemerintahan SBY saat ini.

Anies menjelaskan, juga telah memberitahukan pembentukan Kantor Transisi kepada seluruh parpol koalisi. Rumah Transisi hanya bertugas untuk membangun program kerja pemerintahan JK.

"Tetapi keputusannya tetap kepada Pak dan Pak JK," ucapnya.

Sementara Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding mengungkapkan bahwa pembentukan tim transisi pemerintahan merupakan ide calon Presiden RI terpilih, Joko Widodo (). Dengan tim tersebut, transisi pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono diharapkan bisa berjalan efektif.

Dia yakin SBY akan proaktif menjalin komunikasi dengan pemerintahan baru. "Tim transisi itu idenya Pak . Ini bentuk upaya untuk komunikasikan kebijakan pemerintahan SBY-Boediono dengan kebijakan yang bakal diambil Pak . Saya yakin Pak SBY pasti proaktif diskusikan transisi pemerintahan," kata Karding.

Menurut Karding, tentu membutuhkan saran dari pengalaman pemerintahan saat ini. Apalagi, lanjut Karding, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015 akan segera ditetapkan pemerintahan SBY-Boediono. "APBN 2015 ini sedianya perlu didiskusikan agar strateginya implementatif dan jitu sehingga daya serap semakin baik," ujar Wakil Ketua Badan Legislasi DPR ini.

telah meresmikan rumah transisi, yang terletak di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin. Tim transisi terdiri dari satu kepala staf dan empat deputi. Kepala staf tim transisi ini diisi oleh Rini M Soemarno. Sementara empat deputi ialah Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan, dan Akbar Faizal.

Sumber: detik.com/foto:katadata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO