Tahun Depan, 14 Perizinan di Gresik ini Bisa Diurus Lewat Aplikasi Online

Tahun Depan, 14 Perizinan di Gresik ini Bisa Diurus Lewat Aplikasi Online DPM PTSP Gresik saat menyosialisasikan aplikasi m-SIPADDU.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Layanan online yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik kini semakin lengkap dengan hadirnya aplikasi m-SIPADDU yang mulai disosialisasikan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Kamis (16/11/2017).

Sosialisasi ini dipaparkan oleh Kepala Disnakertrans Agus Mualif di hadapan sekitar 150 orang peserta perwakilan dari berbagai perusahaan.

Aplikasi tersebut sejatinya baru akan dilaunching pada awal tahun 2018. Namun, saat ini aplikasi berbasis android itu sudah bisa diunduh di playstore.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Usaha, Perizinan Tertentu, dan Non Perizinan DPM PTSP, Bambang Irianto, ada 14 perizinan yang bisa dilayani secara online dari total 82 izin ada. “Memang tidak semuanya izin yang bisa kami layani secara online. Tapi ini sebuah terobosan yang bagus mengingat sejak tahun 2015 yang bisa kami layani online hanya 6 perizinan,” katanya.

Untuk layanan perizinan yang lain, Bambang menyatakan saat ini sedang dalam pengembangan agar bisa di-online kan. "Dengan izin online akan mencegah image negatif karena tidak ada lagi transaksi di meja dan tidak ada lagi pihak ke tiga. Semuanya dilakukan dengan online dan ada kepastian biaya menggunakan e payment," paparnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menambahkan, bahwa perizinan online akan memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat. "Pelayanannya semakin pendek, cepat, mudah murah, transparan, pasti, dan terjangkau. Hal ini makin memberikan pelayanan lebih luas kepada masyarakat," pungkasnya.

Aplikasi m-SIPADDU melengkapi berbagai layanan di Gresik Setelah dr. Kepo (Kependudukan Online), SiBling (Sistem Informasi Laboratorium Lingkungan), GoPloong (Go Pelayanan Limbah Domestik Online Gresik) dan Posyandu Go.

Berbagai layanan aplikasi online ini semakin meneguhkan Kabupaten Gresik sebagai salah satu SmartCity di Indonesia.

Adapun perizinan yang bisa dilayani secara online yaitu:

1. Izin pemanfaatan ruang (IPR)

2. Izin Lokasi

3. Izin Tata Ruang (Siteplan/blokplan) dan perubahannya

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO