Sabtu, 05 Desember 2020 00:58

Pemkot Mojokerto Gelar Rekrutmen Capra IPDN

Minggu, 24 Agustus 2014 21:59 WIB
Editor: rosihan c anwar
Wartawan: yudi eko purnomo

MOJOKERTO (bangsaonline) - Tahun ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto kembali akan membuka pendaftaran calon praja (capra) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014. Pendaftaran di mulai Sabtu 23 Agustus hingga 29 Agustus mendatang.

"Pendaftaran capra IPDN terbuka untuk semua lulusan SMA dan MA di Mojokerto," kata Kepala BKD Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto, Minggu (24/8).

Berbeda dengan rekruitmen CPNS, kata Agus, tidak ada jatah atau kuota tiap daerah. “Yang terpenting, pesertamemenuhi syarat administrasi dan lulus pada setiap tahapan tes,” tandasnya.

Pihaknya menetapkan tempat pendaftaran di Gedung Diklat Kota Mojokerto, jalan Raya By Pass Sekar Putih. “Pendaftaran akan dibuka mulai 23 sampai 29 Agustus 2014. Pendaftaran, mulai pukul 8:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB. Tapi untuk hari Sabtu , pendaftaran sampai pukul 12:00 WIB,” imbuhnya.

Agus mengatakan syarat-syarat yang ditetapkan dalam rekruitmen capra IPDN yangpertama, berijasah SMA dan MA mulai tahun 2012, 2013 dan 2014.

Menurut dia selain peryaratan tahun kelulusan, yang harus dipenuhi oleh para capra, yakni nilai rata-rata minimal mereka harus 7,00 tidak boleh dibawah itu.

"Tinggi badan juga menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Untuk laki-laki minimal 160 cm dan perempuan 155, serta tak boleh punya bekas tato atau tindik," tandas Agus.

Syarat lainnya, capra tidak boleh menggunakan lensa kontakserta keterangan berbadan sehat dari rumah sakit.

Pintu pertama untuk menerobos capra IPDN, menurut Agus, harus lulus dalam seleksi administrasi dan kelengkapan berkas yang dilakukan pihaknya. Sedang untuk meraih tiket praja IPDN, pendaftar harus mampu menembus sejumlah tes, diantaranya tes psikologi, tes kesehatan, testkompetensi dasar dengan sistem computer asisted test (CAT).

“Kalau lulus seleksi administrasi, capra lanjut ke tahapan tes selanjutnya yang dilakukan di BKD propinsi, kecuali wawancara penentuan akhir atau pantukhiryang dilakukan di kampus IPDN,” katanya.

Yang pasti, dalam rekruitmen capra IPDN ini menerapkan sistem gugur. “Para peserta yang tidak lulus tes sebelumnya tidak diperkenankan ikut tes tahapan selanjutnya,” tukas Agus.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...