Mendekati Lebaran, Dinkes Gresik Sidak Mamin

Mendekati Lebaran, Dinkes Gresik Sidak Mamin Tim Dinkes Gresik ketika sidak mamin di Supermarket.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang kurang seminggu lagi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik bersama tim Lintas Sektoral melakukan sidak makanan dan minuman (mamin) di sejumlah tempat perbelanjaan, Selasa (5/5/2018).

Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya makanan kadaluarsa atau yang tidak layak konsumsi jelang lebaran. Di antara tempat perbelanjaan yang disidak di antaranya, Ramayana Plaza, Sarikat Jaya, dan Hypermart.

Baca Juga: Dinkes Gresik Gandeng KWG Gelar Talkshow Penanganan AKI, AKB, dan Stunting

Tim lintas sektoral terdiri dari Dinas Pertanian (Disperta), Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskop UKM dan Perindag), Bagian Humas dan Protokoler, Bagian dan Perekonomian. Kemudian, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), dan dan Dinas Satpol PP.

Saat sidak, satu per satu barang diteliti kelayakan kemasan, tanggal kadaluarsa, maupun izin edar barang. Hasilnya, ada 25 lebih barang ditemukan dari tiga lokasi dengan kondisi bermacam-macam seperti sudah kadaluarsa, masa izin edar habis, dan kemasan yang sudah penyok maupun pecah. 

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan pada Dinkes, Rumiyati, sidak ini dalam rangka pengamanan dan keamanan pangan pada bulan Suci Ramadan dan persiapan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Baca Juga: Gandeng Dinkes Gresik, P3I, dan HSI, KWG Gelar Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis

"Kami sudah melihat beberapa produk yang ada di Supermarket. Ternyata ada yang sudah kadaluarsa, ada yang tidak mempunyai izin edar, izin edar mati, maupun kemasannya rusak," jelasnya.

Atas temuan tersebut, pihaknya membuat berita acara dan menyampaikannya kepada manajemen untuk dilakukan perbaikan. Produk bermasalah tersebut ditarik kembali untuk dikembalikan ke pihak supplier.

"Pihak kami sifatnya pembinaan, namun nanti balai Pengawas Obat dan Minuman (POM) yang akan melakukan penyelidikan. Kami berharap dari pihak manajemen untuk melakukan perbaikan," pintanya.

Baca Juga: Kepala Dinkes Gresik: Ada 75 Ribu Calon KPPS Urus Surat Kesehatan

Sementara Kepala Ramayana Plaza Gresik Benny Arianto mengatakan pihaknya akan segera melakukan perbaikan pasca temuan tersebut. "Kami akan melakukan evaluasi preventif terhadap barang sebelum dan akan masuk ke area jual. Sebelumnya, barang sudah kita sortir namun memang kadang ada 1-2 barang yang lolos dan itu yang menjadi kendala," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO