Pemkab Pasuruan Rutin Periksa Hewan Kurban Hingga Hari H

Pemkab Pasuruan Rutin Periksa Hewan Kurban Hingga Hari H

PASURUAN, BANGSAONLINE.com melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan menggelar pemeriksaan secara rutin terhadap hewan ternak milik para penjual. Hal itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap hewan kurban yang mulai marak dijual belikan para pedagang hingga hari raya kurban.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban itu dilakukan di semua kecamatan dengan melibatkan petugas Keswan, pihak Kepolisian serta tokoh. Kegiatan tersebut dilakukan petugas Keswan dalam sepakan terakhir hingga sampai hari H (Rabu, 22/8).

Menurut keterangan Kepala Bidang Kesehatan Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan Alfiah mengatakan, kegiatan pemeriksaan hewan kurban tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan betul-betul aman untuk dikonsumi dan bebas penyakit .

“Pemeriksaan ini dilakukan tujuannya adalah untuk memberi jaminan kesehatan hewan kurban di wilayah Kabupaten Pasuruan baik. Makanya pemeriksaan ini Kami lakukan,” tukas dia saat ditemui di lokasi.

Ia menambahkan, pemeriksaan tersebut bukan hanya dilakukan di wilayah Beji tetapi juga Bangil. Sasarannya, pedagang-pedagang hewan kurban perorangan atau pun kelompok serta pasar-pasar.

“Kami menyebarkan anggota untuk melakukan pemeriksaan ini,” terangnya.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Kadis Peternakan dan Ketahanan Pangan drh Irianto bahwa kegiatan pemeriksaan hewan kurban setiap tahun dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Tujuannya juga untuk memastikan hewan yang dijual bebas dari penyakit berbahaya dan penyakit menular (zoonosis).

“Dari hasil pemeriksaan, belum ditemukan ternak yang terjangkit penyakit menular ada temuan kambing yang belum powel. Tapi, itu bukan ranah Kami, karena berkaitan dengan syariat. Pemeriksaan Kami, lebih pada kesehatannya,” pungkas dia. (bib/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO