Elang Jawa Pakai Beskap Resmi Jadi Maskot HPN 2019

Elang Jawa Pakai Beskap Resmi Jadi Maskot HPN 2019 Pakde Karwo saat mengangkat logo resmi HPN 2019, yakni Elang Jawa pakai Beskap.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Karya desain grafis Jawa Pos, Raga Nopsa, berupa Elang Jawa, ditetapkan sebagai maskot Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jawa Timur setelah memenangi lomba karya maskot HPN 2019 yang digelar Jatim. Karyanya menyisihkan tiga nominator lainnya, yang dinilai tiga dewan juri profesional dalam bidangnya.

Dewan juri yang terdiri dari Martadi (akademisi Unesa Surabaya), Ferry Suharyanto yang akrab disapa Cak Pe'i (praktisi) dan Luthfil Hakim dari Persatuan Wartawan Indonesia () Jatim, menilai karya Raga Nopsa, meraih yang terbaik.

Dalam desain tersebut digambarkan, Elang Jawa, yang sudah mulai punah itu, mengenakan beskap lengkap dengan aksesorinya ala Jawa Timuran. Beskap lekat dengan masyarakat Jawa Timur, serta biasa digunakan dalam acara-acara resmi.

Agar Elang Jawa tidak punah, kini mulai banyak yang menangkar satwa itu. Sama seperti dalam dunia jurnalistik, melalui kerja sama yang baik, diharapkan elang dan dunia kewartawanan terus bangkit dan berkembang.

Melalui proses penjurian yang ketat, dewan juri menilai empat dari 19 hasil karya para awak media yang masuk ke panitia, terpilih menjadi nominator. Dari empat nominator akhirnya dipilih satu, karya Nopsa.

Karya tersebut telah diperkenalkan perdana dalam launching HPN 2019, oleh Gubernur Jatim Soekarwo. melalui tayangan langsung secara nasional Televisi Republik Indonesia (TVRI) di Jakarta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO