Rabu, 30 September 2020 22:16

LGBT dan Narkoba Jadi Perhatian Rektor Universitas Brawijaya

Senin, 05 November 2018 21:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tuhu Priyono
LGBT dan Narkoba Jadi Perhatian Rektor Universitas Brawijaya
Nuhfil Hanani, Rektor Universitas Brawijaya Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Sebagai lembaga pendidikan penghasil para intelektual, perguruan tinggi juga tak luput dari masalah sosial, khususnya Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Nuhfil Hanani dalam dialog kebangsaan di gedung Widyaloka kampus UB, Senin (5/11). “Permasalahan LGBT kerap menjadi pembahasan para petinggi termasuk rektor di berbagai universitas,” kata dia.

Menurutnya, permasalahan LGBT di kampus mulai muncul ketika hal itu mencuat di media sosial seperti grup Facebook (FB) Persatuan Komunitas Gay Universitas Brawijaya Malang tahun 2017 silam. Grup tertutup yang beranggotakan 186 anggota ini ditujukan sebagai sarana interaksi dan bersenang-senang sesama anggota grup.

Selain permasalahan LGBT, masalah kebangsaan dan cinta tanah air juga kerap menyerang perguruan tinggi. Menurut Nuhfil, data dari kemahasiswaan, cinta terhadap negara dan tanah air sudah mulai dipertanyakan dalam kepribadian mahasiswa. Ini terbukti dengan banyaknya kampus yang mulai terkapar dengan gerakan-gerakan radikalisme serta isu separatisme.

"Organisasi-organisasi ekstra kampus akan diikutkan kembali untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air pada generasi muda," pintanya.

Berikutnya ada masalah narkotika dan obat-obatan terlarang. Jejaring narkoba yang telah masuk ke dalam lingkungan kampus menjadi tantangan tersendiri bagi kampus. Hal ini sesuai dengan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), yang menyatakan gaya hidup konsumtif sebagian mahasiswa menjadi sasaran bagi bandar narkoba untuk mengedarkan barang haramnya.

"Jadi rencananya akan kita buat seminar tentang narkoba sehingga mahasiswa bisa paham tentang narkoba maupun LGBT," ungkap dia.

“Masalah terakhir yang menjadi problem utama bagi perguruan tinggi ini adalah, masalah kesopan santunan atau masalah pergaulan bebas di antara mereka itu sendiri, perlu mendapat perhatian yang serius,” pungkasnya. (thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...