Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Gelar MoU dengan Unars Situbondo

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Gelar MoU dengan Unars Situbondo Bawaslu Situbondo dan Universitas Abdurachman Saleh (Unars) saat penandatanganan MoU peningkatan pengawasan partisipatif. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo dan Universitas Abdurachman Saleh (Unars) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Aula Universitas Abdurachman Saleh, Jl. PB Soedirman, Kelurahan Patokan, Kabupaten Situbondo, Sabtu (9/3).

Perjanjian kerja sama itu sebagai perwujudan rasa tanggungjawab bersama dalam penyelenggaraan pengawasan partisipatif hingga terwujudnya penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas dan akuntabel.

MoU itu ditandatangani Rektor Unars Situbondo Ir. Martono Achmar, M.M, dan Ketua , Murtapik, S.Sos, disaksikan Pembantu Rektor, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Situbondo, Polres Situbondo, para dekan, dan anggota .

"Tujuan yang pertama adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu tahun 2019," kata Ketua , Murtapik, S.Sos.

Selain peningkatan partisipasi masyarakat, kerja sama juga menyasar pada sosialisasi dan pendidikan politik lokal bagi mahasiswa agar turut serta melakukan pengawasan proses penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

"Tentu kita ingin mendorong masyarakat khususnya kaum mahasiswa agar berperan aktif melakukan pengawasan hingga terjadi peningkatan partisipasi dalam pengawasan pemilihan umum di Situbondo," terangnya.

Lebih lanjut pria yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Mabdaul Arifin, Curah Jeru Panji, Situbondo ini menjelaskan bahwa, siap memberikan pendampingan, sosialisasi, layanan konsultasi dan memberikan supervisi atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak kampus.

"Termasuk kita akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk peningkatan pengawasan pemilu partisipatif yang dilaksanakan sepanjang itu tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan," tegasnya.

"Intinya kerja sama ini diarahkan untuk mensinergikan kegiatan-kegiatan dalam mendukung terciptanya penyelanggaraan pemilihan, khusunya di bidang pengawasan seluruh tahapan pemilihan umum," pungkas Murtapik.

Pantauan di lapangan, usai MoU, melanjutkannya dengan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 dan Deklarasi "Pemilu Cerdas Tanpa Politik Uang, Pemilu Damai Tanpa Hoax", yang seluruh pesertanya dari mahasiswa berbagai fakultas di Universitas Abdurachman Saleh (Unars) Situbondo. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO