20 Perupa Perempuan Jatim Ikuti Pameran Seni Rupa

20 Perupa Perempuan Jatim Ikuti Pameran Seni Rupa Plt. Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur Drs. Edi Iriyanto, M.M., saat melihat lukisan. foto: Devi Fitri/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 20 orang perupa perempuan Jawa Timur mengikuti pameran rupa yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Taman Budaya Jatim, di Galeri Prabangkara.

"Kita sedang menyelenggarakan pameran rupa yang secara khusus menampilkan karya-karya perupa perempuan Jawa Timur dengan menggunakan media cat air," kata Plt Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur Drs. Edi Iriyanto, M.M menggantikan Kadisbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar., M.M, Selasa, (23/4).

"Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa rupa di Indonesia saat ini telah mengalami banyak kemajuan di bidang berbagai sektor, utama tumbuhnyamanman muda yang produktif sebagai generasi muda apa yang bisa memberikan penyegaran dan masa depan kehidupan asli Indonesia," demikian Edi menguraikan,

"Hal tersebut juga bisa kita rasakan di Jawa Timur di mana perkembangan rupa juga cukup menggembirakan pameran semakin banyak digelar di galeri-galeri baik yang bersifat apresiatif maupun komersial. Dengan kemasan pameran yang sedemikian rupa hingga menarik perhatian khalayak dan masyarakat pada umumnya, SMK maupun kampus yang memiliki Prodi rupa juga tidak pernah kekurangan siswa maupun mahasiswa," terangnya.

Disampaikan, munculnya perupa-perupa muda akademis yang telah eksis di berbagai tempat dapat dibaca sebagai penanda kekuatannya rupa di Jawa Timur. Berbagai peranan pemerintah dan berbagai pihak seperti kolektor-kolektor dan para pecinta sebagai kekuatan tumbuhnya rupa di Jawa Timur khususnya juga harus dijaga agar mereka terus berkiprah dan tetap bisa eksis.

Taman Budaya sebagai unit pelaksana teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, menurut Edi, merupakan unit yang diharapkan mampu menjadi absenter Jawa Timur terutama sebagai fasilitator aktivitas berkesenian baik untuk berolah pameran maupun pertunjukan.

"Dengan begitu secara khusus, saya berharap kegiatan pameran rupa tahun 2019 ini dapat memberikan sumbangsih untuk meningkatkan memperluas dan merangsang tumbuhnya proses belajar sekaligus meningkatkan dan memperkuat eksistensi para perupa Jawa Timur, dalam menghadapi persaingan maupun meneguhkan jati dirinya," ungkapnya.

"Selain itu juga diharapkan, dapat memberikan peluang yang luas bagi para perupa agar dapat berinteraksi dengan Masyarakat khususnya masyarakat pecinta lewat karya-karya yang diwujudkannya mereka ikut menggerakkan karya-karya rupa untuk sampai ke tangan-tangan para pecintanya dan juga pasar serta menjadi koleksi di galeri galeri ternama," pungkasnya. (dev/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO