The Mystic Dance of Seblang, Tontonan Etnik Jadi Event Nasional

The Mystic Dance of Seblang, Tontonan Etnik Jadi Event Nasional salahsatu penampilan peserta The Mystic Dance of Seblang, menampilkan tarian, sebelum karnaval. foto:rosihan c anwar/BANGSAONLINE

BANYUWANGI (bangsaonline)

Pemkab menggelar dengan tema ‘the Mystic Dance of Seblang’, pada Sabtu (22/11) kemarin.

Perhelatan yang diklaim sudah setingkat dunia dan berlangsung kolosal dengan ratusan peserta ini, dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya. Turut hadir Dubes AS Robert O Blake, Konjen AS di Surabaya Joaquin F Monseratte, 20 Walikota dan Bupati se Indonesia, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, beberapa dirjen dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktur Utama PT Panca Wira Usaha Arief Affandi, Putri Gus Dur Yenny Wahid, Kadis Budpar Jatim Djarianto.

Termasuk hadir artis ibukota, gitaris Slank Abdi Negara, Paramitha Rusyadi, Yatti Octavia, Ayu Azhari.

Karnaval ini adalah satu dari rangkaian kegiatan Ayo Berkunjung ke 2014, yang diawali sejak Mei 2014 lalu, dengan menggelar Kompetisi Surving Internasional di Pulau Merah. Rangkaian kegiatan lain yang akan digelar adalah Festival Gandrung Sewu (29/11), Jazz Festival di Pantai Boom dengan menghadirkan Tohpati (6/12), Festival Kuwung (13/12), Festival Ngarak 1771 Ancak (20/12), dan diakhiri dengan International Adventure Traill (21/12). “Kami berupaya agar turis bisa betah lama berdiam di ,” kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Pemkab MY Bramuda SSos, MBA, MM.

Ketika membuka Festival The Mystic Dance of Seblang, Menteri Arief Yahya menandaskan, tahun depan ini dimasukkan dalam event nasional. “Karena memang berlangsung spektakuler. Dan saya berharap dengan menjadi agenda nasional ini, bisa segera menumbuhkan ekonomi kreatif di ,” kata menteri yang berasal dari , dan fasih berbahasa Osing ini.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO