KPK Datangi PN Surabaya, Bakal 'Periksa' Hakim

KPK Datangi PN Surabaya, Bakal Kantor PN Surabaya di Jalan Arjuno.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hingga akhir Oktober nanti, Komisi Pemberantasan Korupsi () bakal mengubek-ubek Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. sudah datang ke kantor pencari keadilan ini sejak Selasa (15/10) kemarin. 

Humas Sigit Sutriyono, mengatakan kegiatan di antaranya untuk memastikan perkara-perkara yang ditangani berjalan dengan lancar. , nantinya juga akan memeriksa hakim, terutama apabila ada perkara yang lebih dari enam bulan.

"Nanti akan ditanyakan, kenapa bisa selama itu penanganan perkaranya. Kendalanya di mana, pasti nanti akan ditanyakan," ujar Sigit.

Apakah itu juga bentuk pencegahan suap terhadap hakim? Sigit membenarkan hal itu. Kata dia, segala macam bentuk pencegahan akan dilakukan terhadap lembaga peradilan ini, karena itu sudah menjadi Memorandum of Understanding (MoU) anatara Mahkamah Agung (MA) dengan .

Selain 'pemeriksaan' hakim, lembaga anti rasuah juga akan melaksanakan kegiatan pencegahan tindak korupsi di . "Selama ini kan yang dikenal publik, itu melakukan tindakan saja. Padahal ada juga pencegahan seperti yang dilakukan saat ini," ujar Sigit, Selasa (15/10).

Masih menurut Sigit, untuk saat ini upaya pencegahan yang dilakukan bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menitikberatkan pada bidang keperdataan khusus. Dan itu akan dilakukan secata bergilir ke bidang yang lain. (ana) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO