Ngaku Tangan Kanan Kasatreskrim, Warga Panarukan Lakukan Penipuan Puluhan Juta Rupiah

Ngaku Tangan Kanan Kasatreskrim, Warga Panarukan Lakukan Penipuan Puluhan Juta Rupiah Kasubag Humas Polres Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLIEN.com - Warga Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan berinisial DR (40) diduga berhasil melakukan penipuan puluhan juta rupiah terhadap seorang guru wanita berinsial NK (56), warga Desa Lubawang Kecamatan Banyuglugur.

Pelaku berhasil memperdayai korban dengan mengaku sebagai tangan kanan Kasatreskrim Polres Situbondo yang dapat membebaskan anak pelapor yang sedang ditahan di Polres Situbondo.

Informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 siang di warung Zaitun, jalan Anggrek Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo. Saat itu pelapor didatangi oleh terlapor bersama rekannya yang mengatakan bahwa anak pelapor yang sedang ditahan itu bisa dibebaskan asal membayar sejumlah uang.

Mendengar informasi seperti itu, awalnya pelapor tidak percaya bahwa anaknya yang tersandung masalah hukum di Polres Situbondo itu bisa bebas. Namun, karena rekannya itu bisa meyakinkan bahwa bisa membantu, akhirnya pelapor tergiur dan bersedia membayar Rp 22 juta.

Rinciannya Rp 20 juta untuk mengurus anak pelapor, sedangkan yang Rp 2 juta untuk biaya transport terlapor dan rekannya. Namun sejak uang itu diserahkan, hingga sekarang anak terlapor yang ada di dalam tahanan ternyata tidak bisa bebas dan uang jutaan rupiah yang sudah dikeluarkan juga tidak kembali.

Merasa dirinya kena tipu, pelapor langsung memilih penyelesaiaan melalui jalur hukum yang berlaku dengan melaporkan kejadian dugaan tindak pidana penipuan tersebut ke Polres Situbondo.

Kasubag Humas Polres Situbondo, Iptu Ali Nuri membenarkan adanya laporan dugaan penipuan dengan modus mengaku sebagai tangan kanan Kasatreskrim yang masuk ke kantornya dan masih dalam penyelidikan.

“Laporan tersebut sudah kami terima. Saat ini kasusnya masih didalami oleh petugas dengan meminta keterangan saksi saksi,” katanya. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO