Pemasangan Tapping Box di Hotel dan Resto Kota Batu Terkendala Piranti Software

Pemasangan Tapping Box di Hotel dan Resto Kota Batu Terkendala Piranti Software Sujud Hariadi, Ketua PHRI Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Hambatan pemasangan tapping box yang dilakukan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu di sejumlah hotel dan restoran di Kota Batu dinilai Sujud Hariadi, Ketua Kota Batu sebagai hal yang wajar. Pasalnya, tidak semua hotel maupun restoran di Kota Batu saat ini menggunakan piranti software.

Menurut Sujud, pemasangan tapping box kepada wajib pajak dalam hal ini tempat wisata, hotel, dan restoran di Kota Batu adalah hak (BKD) sepenuhnya dan kewajiban bagi wajib pajak daerah untuk bekerja sama dalam pemasangan tapping box tersebut.

Menurutnya, saat ini eranya sudah era komputer dan online sistem tapping box yang dihubungkan dgn komputer masing-masing wajib pajak akan memudahkan bagi BKD untuk memonitor besaran pajak masing-masing secara online.

"Namun, satu hal yang harus disadari, belum semua wajib pajak di Kota Batu, baik hotel dan restoran menggunakan piranti sofware dalam komputer mereka untuk di-link-kan denga tapping box," jelasnya.

Jadi, tidak serta merta semua wajib pajak bisa dipasang tapping box. Kesiapan wajib pajak untuk bisa dipasang tapping box bergantung dari komputer dan piranti software yang digunakan.

"Tidak mudah bagi mendorong setiap hotel, khususnya bintang tiga untuk menyiapkan piranti softwarenya. Sebab, aplikasi software perlu biaya dan staf yang mampu melakukan operasional software akuntansi," katanya.

"Bahkan software akuntansi tertentu membayar biaya langganan bulanan sehingga ada penambahan expenses pengeluaran bagi operasional hotel atau restoran dan biaya bulanan untuk staf operasional dan langganan software," terangnya.

"Tapi yang jelas, siapa pun anggota pasti berkeinginan memasang sofware di hotel atau restoran masing-masing, karena ini membantu sekali untuk internal control dan kemudahan pekerjaan akuntansi sampai jadi laporan keuangan bagi masing-masing hotel dan restoran," pungkasnya.

Seperti diberitakan, dari target pemasangan tapping box sebanyak 70 buah oleh BKD Kota Batu, yang terpasang saat ini baru 39. Salah satu alasannya banyak hotel dan restoran yang belum siap piranti software-nya. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO