Senin, 18 Januari 2021 07:33

Ponpes di Jombang ini Bagi-bagi Ribuan Sembako Gratis

Minggu, 19 April 2020 16:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Ponpes di Jombang ini Bagi-bagi Ribuan Sembako Gratis
Pembagian sembako pada warga.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dampak virus Corona (Covid-19) sangat dirasakan warga yang penghasilannya harian. Hal ini diakibatkan adanya anjuran dari pemerintah terkait social dan physical distancing.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di Ploso, Kabupaten Jombang membagikan sembako gratis pada warga terdampak.

Ketua Umum Dhibra Pusat, Ibu Nyai Sofwatul mengatakan kegiatan sodaqoh dan santunan ini untuk meringankan beban warga terdampak ekonomi atas merebaknya virus Corona. Santinan ini dilakukan secara serentak, hingga seluruh Indonesia.

"Dari warga Shiddiqiyyah berdoa pada Allah agar diberi keselamatan lahir dan batin," ucap Bu Nyai, pada sejumlah jurnalis, Minggu (19/04/20).

Bu Nyai menegaskan, bahwa untuk sementara ini anggaran yang sudah terkumpul mencapai Rp 1,1 miliar. Dan hal ini akan diberlakukan scara terus menerus, hingga wabah ini berakhir.

"Jumlah sodaqoh yang dilaporkan sementara ada 1,1 M. Terdiri dari 5.500 paket sembako senilai 200 ribu rupiah, serta ada yang dalam bentuk uang," terangnya.

Bu Nyai berharap pembagian sembako ini bisa meringankan beban pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19. "Santunan ini memang diberikan pada orang-orang terdampak ekonomi, karena berkurangnya pendapatan, bahkan kehilangan pekerjaan karena Corona," tegasnya.

Senada disampaikan pengurus DPP Organisasi Shiddiqiyyah, Edi Setiawan. Ia berharap kegiatan positif bisa sedikit memberi pencerahan pada masyarakat. Mengingat, pada saat ini muncul berbagai informasi yang tidak benar di masyarakat, tentang Covid-19.

"Ada satu hal yang penting terkait berita yang positif ini, bisa disampaikan ke masyarakat. Karena kegiatan di pondok ini banyak kegiatan kemanusiaan," tuturnya.

Terpisah, salah satu warga penerima bantuan sembako, Qomsatun Fitriah, mengaku jika bantuan sembako yang ia terima dari Pondok Pesantren Shiddiqiyyah ini sangat membantu.

Sebab, sejak adanya pandemi Covid-19 ini ia sudah tidak dapat bekerja lagi. Sehingga tidak ada pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Ya ini berdampak banget, biasanya saya kerja, sekarang disuruh di rumah saja, sehingga tidak ada pemasukan. Ya adanya bantuan ini alhamdulillah sangat membantu," pungkasnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...